Saat Kasus Covid-19 Meningkat dan Kepedulian Masyarakat Menurun...

Kompas.com - 22/06/2021, 13:05 WIB
Sebanyak 425 Warga Binaan dan Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun jalani vaksinasi Covid-19. KOMPAS.COM/HADI MAULANASebanyak 425 Warga Binaan dan Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun jalani vaksinasi Covid-19.

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona penyebab Covid-19 masih terus terjadi, dan bahkan menunjukkan peningkatan signifikan di sejumlah negara.

Salah satu munculnya lonjakan kasus Covid-19 yakni kian menyebarnya berbagai varian baru virus SARS-CoV-2 yang memiliki karakter lebih mudah menular, seperti varian Alpha, Beta, dan Delta.

Di Indonesia sendiri, kasus Covid-19 telah menembus angka 2 juta kasus pada Senin (21/6/2021).

Baca juga: Efektivitas Vaksin Covid-19 terhadap Varian Alpha hingga Delta

Kendati terus menyebabkan korban jiwa, tidak sedikit yang menganggap Covid-19 hanyalah akal-akalan Pemerintah atau segelintir orang untuk mendapatkan keuntungan dari pandemi yang dibisniskan.

"Yakin tidak akan selesai meskipun di vaksin wong ini bisnis," kata seorang pengguna Instagram @pras.tiyo.121914 saat berkomentar di salah satu unggahan @kompascom terkait Covid-19 di Jakarta.

Banyak juga yang menganggap bahwa angka kasus selalu dinaikkan pada momen-momen tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menilik Efektivitas Vaksin dalam Menangkal Virus Corona Varian Delta...

Belum lagi keyakinan keliru soal diagnosis Covid-19 pada seseorang yang justru mereka sebut sebagai "dicovidkan".

"Ambulan kosong ngapain keliling mulu sih.. Ngabisin bensin ama nipisin ban doang," bunyi komentar lain di unggahan yang sama, dari akun @dewantara_ginanjar.

Kelompok dengan keyakinan-keyakinan semacam itu kini kian mudah ditemui, padahal kasus infeksi di tengah masyarakat sedang merangkak naik dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Gejala Virus Corona Varian Delta yang Mendominasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X