Hujan Deras Saat Kemarau, 5 Daerah Ini Terendam Banjir

Kompas.com - 23/06/2021, 09:00 WIB
Kota Bandung diguyur hujan deras disertai petir dan angin pada Selasa (21/6/2021). DOK. Dishub Kota BandungKota Bandung diguyur hujan deras disertai petir dan angin pada Selasa (21/6/2021).

KOMPAS.com - Hujan deras yang masih turun meski sudah masuk musim kemarau menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia tergenang banjir.

Musibah banjir yang terjadi di beberapa daerah mengakibatkan rumah-rumah warga tergenang air, sehingga penghuninya harus dievakuasi ke pengungsian.

Menurut kajian Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Lapan, gabungan vorteks dan anomali suhu permukaan laut lokal merupakan faktor pembangkit yang menyebabkan anomali musim kemarau cenderung basah pada tahun ini.

Lapan memprediksi, anomali musim kemarau basah ini masih akan terus terjadi hingga sepanjang Juli-Oktober 2021.

Berikut lima daerah yang tergenang banjir akibat hujan deras yang masih turun pada musim kemarau ini.

Baca juga: Musim Kemarau tapi Hujan Masih Turun, Ini Penjelasan BMKG

1. Buton Utara

Mengutip laman BNPB, Selasa (22/6/2021) tiga kecamatan di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara terendam banjir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wilayah yang terdampak banjir yakni Kecamatan Kulisusu (Desa Lambale), Bonegunu (Desa Lantegola) dan Kamboa (Kelurahan Kamboa).

Tercatat sebanyak 65 KK terdampak banjir di Desa Lambale, sedangkan jumlah warga terdampak di Desa Lantegola dan Kelurahan Tamboa masih dalam pendataan.

BPBD Kabupaten Buton Utara melaporkan, banjir yang terjadi pada Senin (21/6/2021), pukul 16.00 waktu setempat itu dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi disertai air pasang laut.

Ketinggian muka air yang disebabkan banjir mencapai 100 centimeter. Pantauan pada Senin (21/6/2021) malam, banjir dilaporkan mulai surut.

Kendati demikian wilayah yang terdampak banjir masih berpotensi hujan ringan pada Selasa, (22/6/2021) seperti di Kalisusu, Bonegunu dan Kamboa.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat di wilayah tersebut diharapkan untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir susulan.

Baca juga: Kenapa Jakarta dan Depok Terasa Dingin? Ini Penjelasan BMKG

2. Kabupaten Bandung

Mengutip laman BNPB, Senin (21/6/2021) tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat terendam banjir pada Minggu (20/6/2021) sore.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X