Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Seleksi Peserta Sekolah Kedinasan Sama, Bagaimana Tentukan Kelulusan?

Kompas.com - 21/05/2021, 18:00 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan siswa/taruna/mahasiswa baru di sekolah kedinasan 2021 sudah memasuki tahap seleksi.

Sebelumnya, pendaftaran sekolah kedinasan 2021 dibuka sejak 9 April, kemudian peserta akan mengikuti seleksi sesuai masing-masing sekolah kedinasan.

Salah satu yang wajib, yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Computer Assested Test (CAT) yang terdiri dari Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Bagaimana jika ada lebih dari satu peserta dengan skor sama? Begini cara menentukan kelulusannya.

Baca juga: Seleksi Sekolah Kedinasan Mulai 31 Mei Gunakan Fitur Face Recognition

Penentuan kelulusan jika skor sama

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai panitia pusat rekrutmen CASN 2021 menjelaskan cara penentuan kelulusan jika ada peserta dengan nilai akhir sama.

Penentuan kelulusan ini akan mengacu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021.

Penentuan kelulusan peserta pertama-tama didasarkan pada hasil SKD-nya.

Siapa yang berhasil mengumpulkan skor kumulatif SKD lebih tinggi maka dinyatakan lolos, selama masih masuk dalam peringkat yang sesuai dengan jumlah kuota yang disediakan.

Kemudian, jika terdapat lebih dari satu peserta memiliki nilai SKD yang sama, maka akan dilihat dari besaran skor di masing-masing bidang tes.

Prioritasnya adalah skor TIU-TKP-TWK.

Peserta dengan skor TIU yang lebih besar dari peserta lainnya, meski secara lumulatif skornya sama, maka akan dinyatakan lolos. Jika skor TIU masih sama, maka dibandingkan skor TKP-nya, dan seterusnya.

Namun, apabila skor ketiga bidang itu masih sama persis, maka untuk dapat menentukan mana yang dinyatakan lulus akan digunakan nilai rata-rata ikazah sekolah atau nilai rapor.

Jika saja sudah sejauh ini dan nilainya masih sama, maka akan dilihat dari usianya. Penentuan kelulusan akhir ditentukan dari usia tertinggi.

Baca juga: Sekolah Kedinasan 2021: Verifikasi Berkas dan Update Jumlah Pendaftar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com