Kompas.com - 07/05/2021, 10:30 WIB
Web simulasi CAT yang disediakan Badan Kepagawaian Negara (BKN). Dok. BKNWeb simulasi CAT yang disediakan Badan Kepagawaian Negara (BKN).

KOMPAS.com - Ada yang baru pada Seleksi Sekolah Kedinasan 2021, yaitu penggunaan fitur Face Recognition.

Sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan ketentuan terbaru terkait prosedur pelaksanaan seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

CAT BKN adalah suatu sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

Di dalam Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN tanggal 29 Maret 2021 disebutkan ketentuan terbarunya.

Baca juga: Aturan Baru Tes CPNS 2021, Tahapan Seleksi, dan Pemasangan Kamera di Komputer Ujian

Mencegah perjokian

Melansir laman BKN, 4 Mei 2021, humas BKN dalam pertemuan dengan perwakilan Instansi Pemerintah Sekolah Kedinasan 2021, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN Mohammad Ridwan menyebutkan bahwa penambahan fitur terbaru dalam sistem seleksi CAT BKN, yakni adanya spesifikasi teknis.

Nantinya ada webcam atau kamera yang dipasang di komputer yang digunakan peserta ujian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Spesifikasi rekomendasi sistem operasi minimal di masing-masing PC peserta melalui tambahan webcam akan digunakan sebagai face recognition untuk mendeteksi validitas peserta sesuai yang tertea pada data pendaftaran," kata Ridwan dalam acara Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Seleksi Sekolah Kedinasan 2021, Jakarta, 4 Mei 2021.

Ridwan melanjutkan, hal itu dilakukan untuk menghindari potensi terjadinya perjokian.

2.260 komputer

Selain itu Ridwan mengatakan Tim Penyusun Soal Seleksi, Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN mengalokasikan 2.260 personal computer (PC) untuk pelaksanaan ujian Sekolah Kedinasan 2021.

PC tersebut disebarkan di Kantor BKN Pusat, seluruh Kantor Regional BKN, dan UPT BKN.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X