Kompas.com - 15/05/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi kacamata SHUTTERSTOCK/TerelyukIlustrasi kacamata

KOMPAS.com - NASA identik dengan hal-hal yang luar biasa, luar angkasa dan lain sebagainya.

Padahal NASA, juga melahirkan penemuan-penemuan teknologi tepat guna. Yang hingga kini kita gunakan sehari-hari tanpa kita sadari kalau itu semua ada berkat tangan-tangan ilmuwan NASA.

Badan Penerbangan dan Antariksa milik Amerika Serikat ini memang berkutat di program luar angkasa dan penelitian luar angkasa jangka panjang.

Namun dalam penelitian-penelitiannya, NASA melahirkan beberapa temuan teknologi yang bermanfaat di tengah-tengah kehidupan masyarakat global.

Melansir dari Reader's Digest, ini adalah temuan NASA yang hingga kini terus digunakan oleh masyarakat kita.

Baca juga: Profil Penemu Kapal Selam Militer Modern: John Philip Holland

1. Digital image sensor

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi kamera yang dilengkapi digital image sensorUnsplash/Jisun Han Ilustrasi kamera yang dilengkapi digital image sensor
NASA adalah yang meletakkan digital image sensor ke dalam gawai, GoPro dan DSLR kita. Teknologi ini berguna untuk mempertajam kualitas gambar.

Tepatnya di tahun 1990, di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena California, seorang ilmuwan menemukan teknologi sensor ini yang terbuti lebih irit daya dan bisa membantu perkembangan dunia fotografi.

Temuan ini lahir ketika NASA tengah mencari teknologi yang bisa menyuport kamera dan teropong pesawat luar angkasa. 

Propulsion Laboratory sendiri adalah laboratorium yang membuat dan mengoperasikan pesawat luar angkasa nirawak untuk NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X