Kompas.com - 12/05/2021, 13:08 WIB
Prajurit TNI Angkatan Udara mengikuti latihan tempur Jalak Sakti 2020 di Pangkalan Angkatan Udara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh, Selasa (8/9/2020). Latihan tersebut bertujuan untuk memberikan kemampuan penerbang TNI AU pada misi-misi pertempuran dalam operasi udara, sekaligus meningkatkan kemampuan koordinasi dan kerjasama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista TNI AU. AFP/CHAIDEER MAHYUDDINPrajurit TNI Angkatan Udara mengikuti latihan tempur Jalak Sakti 2020 di Pangkalan Angkatan Udara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh, Selasa (8/9/2020). Latihan tersebut bertujuan untuk memberikan kemampuan penerbang TNI AU pada misi-misi pertempuran dalam operasi udara, sekaligus meningkatkan kemampuan koordinasi dan kerjasama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista TNI AU.

KOMPAS.com - TNI Angkatan Udara (AU) membuka pendaftaran Tamtama Prajurit Karier (PK) gelombang III tahun anggaran 2021.

Informasi tersebut disampaikan oleh akun Instagram resmi TNI AU, @militer.udara, Selasa (11/5/2021).

"PENDAFTARAN TAMTAMA PK TNI AU GELOMBANG III TA. 2021. Selamat pagi Airmen, jika anda bercita-cita menjadi penjaga langit nusantara, kini saat yang tepat untuk bergabung dengan TNI AU, melalui rekrutmen prajurit Tamtama TNI AU gelombang III T.A. 2021," tulis akun @militer.udara.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah membenarkan adanya informasi lowongan tersebut.

"Betul, saat ini sedang penerimaan Tamtama. Info detail bisa dilihat di https://diajurit.tni-au.mil.id/#informasi," ujar dia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Video Viral Disebutkan TNI Turunkan Tank Baja untuk Penyekatan Mudik, Ini Penjelasan TNI

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TNI AU (@militer.udara)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang tertarik bergabung menjadi Tamtama TNI AU, berikut ini rangkuman informasi selengkapnya:

Persyaratan umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945
  • Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Baca juga: Ramai Isu Denjaka Mendarat di Papua Tumpas KKB, Ini Kata Marinir dan TNI AL

Persyaratan khusus

  • Pendidikan terakhir serendah-rendahnya SMP/sederajat, dengan syarat melengkapi ijazah SD, SMP, SMA (bagi lulusan SMA), SKHUN dan rapor pendidikan terakhir asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai Peraturan Kemendikbud Nomor 29 tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup)
  • Tinggi badan sekurang-kurangnya 163 centimeter dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku
  • Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun (bermaterai).

Persyaratan tambahan

1. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum pendidikan pertama berakhir

3. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir (biaya pendidikan, gaji, tunkin)

4. Bagi orang tua atau wali harus menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai)

5. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan harus mendapatkan persetujuan/ijin resmi dari kepala jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia mengundurkan diri dari status pegawai/karyawan bila lulus dan diterima masuk pendidikan pertama

6. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui oleh orang tua/wali, Lurah/Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA)/catatan sipil setempat (bermaterai)

7. Mendapat persetujuan dari orang tua bagi calon yang belum berumur 21 tahun atau persetujuan wali bagi calon yang kedua orang tuanya sudah meninggal atau berhalangan tetap yang disahkan oleh kelurahan tempat domisili

8. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.

Baca juga: Melihat Spesifikasi Helikopter Super Puma NAS-332 C1+ dari PT DI untuk TNI AU

Alur pendaftaran calon Tamtama TNI AU 2021

  1. Peserta membuat akun di laman https://diajurit.tni-au.mil.id/register, dan memasukkan data diri yang dipersyaratkan.
  2. Kemudian melanjutkan login di laman https://diajurit.tni-au.mil.id/login_auth, menggunakan Username dan password yang sudah diverifikasi melalui email.
  3. Peserta melengkapi biodata dengan benar dan lengkap, kemudian mencetak Kartu Daftar Online. Setelahnya peserta bisa melakukan pendaftaran ulang ke Lanud tujuan.
  4. Pendaftaran calon prajurit Tamtama TNI AU tahun 2021 dibuka hingga 30 Juni 2021.
  5. Peserta diimbau untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan panitia rekrutmen prajurit TNI AU.

Lokasi pendaftaran

1. Lanud Sulaeman, Bandung

2. Lanud Adisutjipto, Yogyakarta

3. Lanud Atang Sendjaja, Bogor 

4. Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X