Benarkah Pakai Headset Saat Naik Motor Bisa Didenda Rp 750.000? Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 12/05/2021, 12:30 WIB
Pakai earphone saat berkendara Bombastis.comPakai earphone saat berkendara

KOMPAS.com - Saat berkendara baik dengan roda dua atau roda empat, pengguna jalan raya diwajibkan untuk tetap berkonsentrasi. 

Sebab jika tidak, maka bisa berpotensi memicu terjadinya kecelakaan. 

Lalu bagaimana dengan pengunaan headset untuk mendengarkan musik? 

Sebab tak sedikit pengendara yang memakai headset untuk mendengarkan musik dari ponsel saat menyetir.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa berkendara dengan menggunakan headset untuk mendengarkan musik bisa didenda, benarkah? 

Baca juga: Mendengarkan Musik Pakai Headset Saat Naik Motor Bisa Didenda Rp 750.000

Penjelasan polisi

Menanggapi hal itu, Kasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto mengatakan bahwa tidak ada penjelasan spesifik terkait penggunaan headset saat berkendara pada UU lalu lintas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun aturan terkait keselamatan berkendara tercantum dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Disebutkan dalam Pasal 283 berbunyi:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan ganggaun konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

"Kalau di UU 22/2009 hanya dicantumkan bahwa setiap orang yang mengemudikan ranmor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi," ujar Wikha saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Menurut dia, penggunaan headset yang tidak diperbolehkan yakni memakai headset dengan volume musik keras dan berkendara menjadi ugal-ugalan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X