Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Kompas.com - 12/05/2021, 11:43 WIB
Ilustrasi lebaran, idul fitri SHUTTERSTOCK/Nature StyleIlustrasi lebaran, idul fitri

Berdasar pengamatan serta kalkulasi ilmu falak terhadap benda-benda luar angkasa, Idul Fitri pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 13 Mei 202I.

Seluruh umat Islam di planet bumi merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah usai menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan.

Baca juga: NU, Muhammadiyah, dan Pemerintah Kompak: Lebaran Kamis 13 Mei 2021

Idul Fitri

Saya sudah pernah menyaksikan peristiwa perayaan hari raya Idul Fitri di mancanegara. Namun, saya merasa bahwa perayaan hari raya Idul Fitri paling semarak sambil sekaligus mengharukan adalah yang terjadi di persada Nusantara.

Saya merasakan getaran sukma kemanusiaan pada masa Hari Raya Idul Fitri paling terasa adalah di Tanah Air Udara saya sendiri yaitu Indonesia.

Tradisi mudik sangat terasa di Indonesia bahkan para warga Indonesia yang berada di mancanegara pada masa perayaan Hari Raya Idul Fitri berusaha sedapat mungkin untuk kembali ke kampung halaman untuk berjumpa sanak keluarga serta handai taulan di tanah kelahiran.

Mengharukan bagaimana para warga Indonesia yang bekerja di mancanegara meski menghadapi larangan mudik tetap pulang kampung secara patuh protokol kesehatan demi menunaikan tradisi mudik di masa Lebaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan para warga Indonesia non-muslim juga tidak ketinggalan mudik di masa Lebaran yang sudah menjadi bagian melekat pada peradaban bangsa Indonesia.

Halalbihalal

Satu lagi tradisi kearifan peradaban bangsa Indonesia yang tidak ditemukan pada bangsa bangsa lain di planet bumi adalah tradisi halalbihalal yang dilakukan oleh bukan hanya umat Muslim tetapi seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke demi saling berjumpa demi saling maaf-memaafkan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, halalbihalal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang.

Ensiklopedi Indonesia menyebutkan bahwa halalbihalal berasal dari Bahasa Arab meski secara gramatikal tidak benar sebagai pengganti istilah silaturahmi. Maka ada pula sebutan halalbihalal.

Mohon maaf lahir batin

Pagebluk Corona bukan penghalang sebab tradisi halalbihalal bisa diejawantahkan dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan secara daring tanpa kedekatan ragawi.

Melalui naskah sederhana ini kepada segenap pembaca naskah sederhana ini, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri sambil tak lupa memohon maaf lahir dan batin atas kekeliruan dan kesalahan yang pasti pernah saya lakukan di masa lampau.

Mohon didoakan agar saya diberi kekuatan lahir dan batin oleh Yang Maha Kuasa agar saya tidak mengulang kesalahan yang sama di masa depan. Amin.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X