Kompas.com - 10/05/2021, 12:30 WIB
Cara memilih hamper Lebaran Unsplash/Dmitry MashkinCara memilih hamper Lebaran

KOMPAS.com - Hamper Lebaran adalah sarana silaturahmi baru di hari raya di masa pandemi Covid-19.

Meski tradisi kirim parsel atau hantaran sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama, namun di masa pandemi ini tradisi saling mengirim hamper menjadi lebih marak seiring dengan larangan mudik yang membuat masyarakat tak bisa saling bertemu dan memeluk kerabat.

Hamper lebaran sendiri bisa bermacam-macam isinya. Mulai dari makanan seperti kue kering dan cake, sajian main course Lebaran seperti opor ayam dan ketupat, hingga barang-barang kebutuhan sehari-hari atau hobi seperti tas wanita, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

Khusus untuk Anda yang ingin mengirim hamper berupa makanan siap saji atau makanan instan, harus lebih hati-hati karena barang konsumsi ini mengenal standar kualitas kelayakan makan dan mengenal pula tanggal kedaluwarsa.

Jangan sampai Anda memilih produk hamper yang bisa merugikan kesehatan orang lain.

Baca juga: Jangan Lakukan 4 Kesalahan Bikin Roti, Bekal Sebelum Siapin Hamper Lebaran

Panduan memilih hamper Lebaran

Memilih hamper memang harus cermat, agar Anda tak merugikan pihak lain yaitu mereka yang menerima hamper.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BPOM RI (@bpom_ri)

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM mengeluarkan panduan bagaimana memilih produk hamper yang benar, khususnya yang berisi berbagai bahan olahan pangan. 

Berikut adalah cara memilih hamper ala BPOM:

1. Pilih sendiri produk isian

Agar Anda tak terjebak dalam produk-produk yang kurang berkualitas, sebaiknya pilih sendiri produk pangan olahan yang akan dijadikan isian hamper.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X