Kompas.com - 10/05/2021, 09:20 WIB
Jejeran parsel Lebaran siap kirim dari Gina Parcel Dok. Gina ParcelJejeran parsel Lebaran siap kirim dari Gina Parcel

KOMPAS.com – Bisnis musiman seperti bisnis parsel memang sangat menggiurkan. Biasanya para pengusaha parsel bisa meraup keuntungan berkali-kali lipat setiap musimnya.

Gina Parcel merupakan salah satu bisnis parsel yang sudah berkecimpung di bisnis parsel musiman ini sejak enam tahun lalu.

Tepatnya saat Gina dan suami sedang kuliah dan ingin memulai bisnis. 

“Sebenarnya dari suami aku. Dia cari kira-kira apa nih bisnis yang tahunan yang ramai gitu. Salah satunya ya bisnis parsel,” kata owner Gina Parcel, Georgina Sandra yang akrab disapa Gina, ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: 8 Tips Mulai Bisnis Parcel Lebaran untuk Pemula

Biasanya ada bisnis parsel yang beroperasi di setiap musim jelang hari raya, seperti Lebaran, Natal, dan Imlek. Namun, Gina mengaku hanya beroperasi setiap Ramadhan.

Berawal dari reseller

Pertama kali memulai bisnis, Gina mengaku tak punya dasar apa-apa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itulah, ia memutuskan untuk memulai usaha parsel dengan menjadi reseller lebih dahulu.

Ia mengambil parsel ready stock dari seorang pembuat parsel (supplier), lalu menjualnya kembali.

Baca juga: 8 Hampers Lebaran di Yogyakarta, dari Nasi Liwet hingga Dawet

“Kurang lebih dua sampai tiga tahun (jadi reseller). Terus ya sudah kita coba belajar buat parselnya, setelah itu sudah bisa buat sendiri sampai sekarang,” imbuh Gina.

Ia belajar membuat parsel secara otodidak. Caranya dengan membeli parsel, lalu dibongkar perlahan untuk dipelajari strukturnya.

Para karyawan Gina Parcel dalam proses membuat parsel LebaranDok. Gina Parcel Para karyawan Gina Parcel dalam proses membuat parsel Lebaran

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X