Kompas.com - 09/05/2021, 15:20 WIB
Foto yang diambil pada 29 April 2021 memperlihatkan roket Long March 5B membawa modul stasiun luar angkasa China, Tianhe dari Pos Peluncuran Luar Angkasa Wenchang. Puing-puing besar roket itu diklaim China sudah jatuh dan hancur di Samudra Hindia, dekat Maladewa. AFP PHOTO/CHINA NEWS SERVICE/STRFoto yang diambil pada 29 April 2021 memperlihatkan roket Long March 5B membawa modul stasiun luar angkasa China, Tianhe dari Pos Peluncuran Luar Angkasa Wenchang. Puing-puing besar roket itu diklaim China sudah jatuh dan hancur di Samudra Hindia, dekat Maladewa.

KOMPAS.com - China telah mengonfirmasi lokasi jatuhnya roket Long March 5B di Samudera Hindia dekat Maladewa.

Sebelumnya, banyak spekulasi di mana roket ini akan jatuh.

Mengutip informasi dari Weibo, setelah melakukan pemantauan dan analisis, China’s Manned Space Engineering Office menyatakan roket yang diluncurkan pada 29 April 2021 itu telah jatuh dalam bentuk puing-puing.

Pernyataan ini juga telah dipublikasi melalui laman China Manned Space Agency (CMSA), Minggu (9/5/2021).

Sebagian besar badan roket yang berukuran panjang 30 meter ini telah terkikis saat memasuki atmosfer Bumi.

Baca juga: Cara Melihat Lokasi Jatuhnya Roket China Long March 5B secara Online

Bagian inti dari roket itu masuk kembali ke atmosfer Bumi pada pukul 10.24 pagi waktu Beijing (02.24 pagi GMT atau 09.45 WIB) di titik koordinat 72,47 derajat bujur timur dan 2,65 derajat lintang utara.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip ABCMinggu (9/5/2021), lokasi persis jatuhnya roket ini ada di perairan sebelah barat Maladewa.

Namun belum diketahui dengan jelas apakah ada puing-puing yang terjatuh di daratan Maladewa atau tidak.

Akhir spekulasi

Pernyataan resmi ini sekaligus menjadi akhir dari spekulasi yang beredar dalam beberapa hari terakhir soal di mana dan kapan roket China ini akan jatuh di Bumi.

Spekulasi itu di antaranya, apakah jatuh di kawasan yang dihuni manusia, menimpa pesawat terbang di udara, atau jatuh di tengah lautan.

Baca juga: Roket China Jatuh di Samudera Hindia, Ini Lokasinya!

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X