[HOAKS] Penumpang dari China Berbondong-bondong ke RI Naik Lion Air pada 4 Mei 2021

Kompas.com - 09/05/2021, 15:00 WIB
Tangkapan layar unggahan hoaks soal warga China yang masuk ke Indonesia. Tim Cek Fakta Kompas.comTangkapan layar unggahan hoaks soal warga China yang masuk ke Indonesia.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar foto di media sosial Facebook yang menyebut bahwa penumpang China berbondong-bondong masuk Indonesia lewat Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 4 Mei 2021. 

Adapun pengunggahnya adalah akun Facebook Zahra Ririn.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, informasi tersebut hoaks atau tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Zahra Ririn mengunggah foto yang menyebutkan penumpang China masuk ke Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta, pada 4 Mei 2021.

Foto yang diunggah pada 5 Mei 2021 di Facebook itu memperlihatkan gambar yang diklaim adalah orang-orang China.

Tak hanya itu dia menyebut kedatangan penumpang China itu didukung, Rusdi Kirana, dan Lion Wings Air. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini narasi lengkapnya:

"Yg seperti ini kita mau percaya sama pemerintah!!!
Kemarin Pun Tgl 4 Juga Berbondong2 Si Sipit Tiba Di Bandara Soeta.
Tinggal nunggu hancur tanpa nama Republik Indonesia, di dukung Rusdi Kirana, Lion Wings Air, pesawat yg berani mnurunkn penumpang dari Cina, tanpa lewat jalur Imigrasi, tp lewat penumpang dlm negeri."

Unggahan itu disukai sebanyak 18 kali, dibagikan ulang sebanyak 7 kali, dan dikomentari 13 kali. Arsip unggahan itu bisa dilihat di sini: Hoaks penumpang China.

Konfirmasi Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com mengonfirmasi hal tersebut kepada Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro. Dia menyatakan bahwa unggahan tersebut adalah hoaks atau tidak benar.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X