Video Viral Benda Berwarna Merah Jatuh dari Langit, Ini Penjelasan Lapan

Kompas.com - 09/05/2021, 14:27 WIB
Tangkapan layar unggahan video yang memperlihatkan adanya benda langit berwarna merah yang jatuh pada Minggu (9/5/2021). Instagram: @magelang_rayaTangkapan layar unggahan video yang memperlihatkan adanya benda langit berwarna merah yang jatuh pada Minggu (9/5/2021).

KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan sebuah benda bercahaya berwarna merah jatuh dari langit viral di media sosial pada Minggu (9/5/2021).

Video itu diunggah oleh akun Instagram @magelang_raya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by magelang raya (@magelang_raya)

Hingga Minggu (9/5/2021) video itu sudah dikomentari sebanyak 168 kali dan disukai sebanyak ribuan kali oleh pengguna Instagram lainnya.

Baca juga: Video Viral Ratusan Pemudik Terobos Penyekatan di Karawang, Begini Kejadiannya

Apa benda bercahaya berwarna merah tersebut?

Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emmanuel Sungging mengatakan, benda bercahaya itu diduga meteor.

Menurut dia, benda tersebut bercahaya dan jatuh karena terbakar akibat menembus atmosfer bumi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sepertinya itu meteor atau fireball, karena terbakar habis di atmosfer dan kalau habis terbakar di atmosfer tidak ada dampak berbahaya," ujar Emmanuel saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/5/2021).

Hingga saat ini, Lapan belum menerima laporan ledakan akibat jatuhnya benda bercahaya tersebut.

"Selama tidak ada laporan ledakan, mestinya tidak ada apa-apa," lanjut dia.

Baca juga: Video Viral Anak Tak Sengaja Bertemu Ayahnya Saat Mudik, Bagaimana Ceritanya?

Warna merah

Terkait cahaya berwarna merah yang dipancarkan oleh benda langit itu, Emmanuel menjelaskan, warna merah dihasilkan dari kandungan yang terdapat di benda tersebut.

"Bisa bermacam-macam warnanya, tergantung unsur penyusun material yang terbakar di atmosfer. Kalau merah biasanya diduga banyak unsur nitrogen/oksigen," ujar Emmanuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X