Hari Palang Merah Internasional dan 4 Fakta Menarik di Belakangnya

Kompas.com - 08/05/2021, 10:30 WIB
Hari Palang Merah Internasional diperingati setiap tanggal 8 Mei. Unsplash/Kevin Paes Bivb76Hari Palang Merah Internasional diperingati setiap tanggal 8 Mei.

KOMPAS.com - Tepat di hari ini, 8 Mei, diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional dan Hari Bulan Sabit Merah Sedunia.

Peringatan Hari Palang Merah Internasional ini dilakukan tepat di hari lahirnya Henry Dunant, pendiri International Committee of The Red Cross atau ICRC.

Tema peringatan Hari Palang Merah Internasional di tahun 2021 ini adalah "Together We Are Unstopable," atau "Bersama Kita Tak Terkalahkan."

Di peringatan tahun 2021 ini, Palang Merah Internasional merayakan perjalanan panjangnya dalam menuntaskan berbagai misi kemanusiaan selama berpuluh-puluh tahun.

Dikutip dari India Today, peringatan Hari Palang Merah Internasional pertama dilakukan pada tahun 1948.

Di tahun 1984, barulah peringatan setiap 8 Mei ini resmi dinamakan sebagai Hari Palang Merah Internasional dan Hari Bulan Sabit Merah Sedunia.

Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah bertugas mengawasi pergerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang ada di 188 negara, termasuk di Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hari Palang Merah Sedunia, Melihat Peran Palang Merah dalam Perang Melawan Virus Corona...

Fakta menarik tentang Palang Merah Internasional

Ada beberapa fakta menarik tentang berdirinya Palang Merah Internasional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bermula di tahun 1859

Dikutip dari laman pmimedan.or.id, sejarah lahirnya Palang Merah Internasional bermula di tahun 1859, di Kota Solferino, Italia Utara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X