Hari Palang Merah Sedunia, Melihat Peran Palang Merah dalam Perang Melawan Virus Corona...

Kompas.com - 08/05/2020, 15:50 WIB
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan disinfektan di Rumah Susun Petamburan, Tanah Abang di Jakarta Pusat, Sabtu (4/4/2020). Penyemprotan disinfektan dalam rangka mitigasi pencegahan virus corona (COVID-19). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan disinfektan di Rumah Susun Petamburan, Tanah Abang di Jakarta Pusat, Sabtu (4/4/2020). Penyemprotan disinfektan dalam rangka mitigasi pencegahan virus corona (COVID-19).

KOMPAS.com - Hari Palang Merah Sedunia diperingati pada 8 Mei setiap tahunnya.

Maka, hari ini, Kamis (8/5/2020), kita memperingati Hari Palang Merah Sedunia.

Peringatan tahun ini bersamaan dengan masih terjadinya pandemi virus corona. Palang Merah pun berperan besar di berbagai negara.

Pada peringatan Hari Palang Merah Sedunia hari ini, mari melihat peran palang merah di tengah perang melawan virus corona.

Peran palang merah

Di Amerika Serikat, bantuan yang diberikan palang merah beragam seperti penanganan saat terjadi kebakaran, membantu pengungsi, hingga memberi pelatihan menyelamatkan jiwa.

Melansir Redcross, Kamis (30/4/2020), sejak Februari 2020, Palang Merah Amerika Serikat telah membantu lebih dari 53.000 orang dari 13.000 kebakaran yang terjadi.

Untuk membantu menjaga semua orang aman dan mengikuti pedoman jarak sosial, relawan Palang Merah bekerja sama dengan departemen pemadam kebakaran setempat yang terhubung melalui telepon atau video.

Palang Merah Amerika juga menyediakan lebih dari 17.500 penginapan di hotel darurat untuk pengungsi dari bencana sejak 16 April 2020.

Terkait karantina dan isolasi lokal, Palang Merah Amerika telah memenuhi lebih dari 200 permintaan.

Mereka juga telah memberikan 40.000 barang bantuan seperti dipan, selimut dan perlengkapan kesehatan, di California, Oregon, Texas, Washington.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X