Kompas.com - 08/05/2021, 09:15 WIB
New DTKS Kompas.com/Nur Fitriatus ShalihahNew DTKS

KOMPAS.com - Bagi Anda yang merasa penerima Bansos 2021 dari Kemensos yang mulai cari awal Mei, silakan cek cara mudahnya di bawah ini.

Kementerian Sosial kembali memperbaharui penerima bansos dan datanya bisa Anda periksa melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Di laman tersebut, Kemensos memberikan informasi tentang para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) 2021. Masyarakat bisa mengecek apakah keluarganya terdata sebagai daftar penerima bansos sesuai Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru.

Penyampaian informasi soal data penerima bansos yang diperbaharui tersebut dimaksudkan agar bantuan itu tepat sasaran dan transparan.

Baca juga: Agar Tepat Sasaran, Penyerahan Bansos Butuh Proses dan Padan dengan NIK

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa dengan aplikasi ini, masyarakat bisa memantau bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Risma mengatakan, pihaknya sudah memperbaharui data penerima bantuan sosial per 1 April 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Per 1 April Kementerian Sosial meluncurkan New DTKS yang sudah dipadankan dengan NIK dan Ditjen Kementerian Dlaam Negeri," kata Risma, Rabu (28/4/2021).

Menteri Sosial juga memberi kesempatan kepada warga yang merasa berhak untuk mengajukan agar dimasukkan ke New DTKS.

Cara cek data penerima bansos 2021

Untuk memeriksa calon penerima Bansos 2021, Anda silakan membuka laman cekbansos.kemensos.go.id di browser. Tahapannya sebagai berikut:

- Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X