Kasus Covid-19 di India Melonjak Drastis, 6 Negara Batasi Perjalanan

Kompas.com - 23/04/2021, 12:45 WIB
India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.
AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGHIndia melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.

KOMPAS.com – Sejumlah negara melakukan pembatasan perjalanan dengan India usai negara itu mengalami tsunami Covid-19.

India melaporkan lebih dari 300.000 kasus baru infeksi positif virus corona dalam beberapa hari terakhir. 

Lonjakan kasus tersebut diperkirakan akibat adanya varian baru virus corona B1617 yang dijuluki sebagai ‘mutan ganda’.

Baca juga: Gelombang Kedua Corona di India: Rumah Sakit dan Krematorium Kewalahan

Melansir dari Straits Times, julukan mutan ganda tersebut karena adanya dua mutasi kunci pada protein lonjakan virus yang dipakai mengikat sel lebih efektif dalam menyebabkan infeksi.

Kedua mutasi virus ini adalah L452R yang memperluas transmisi virus dan mengurangi kemanjuran antibodi serta mutasi E484Q yang memberi virus peningkatan sifat pengikatan sel dan penghindaran kekebalan.

Berikut ini sejumlah negara yang melakukan pembatasan dengan India:

1. Amerika Serikat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat telah menempatkan India di antara negara-negara “level 4” yang berarti memiliki tingkat kasus Covid-19 sangat tinggi.

Melansir dari laman resminya, CDC juga menyarankan seluruh wisatawan untuk menghindari semua perjalanan ke India.

Larangan tersebut juga untuk wisatawan yang telah divaksinasi penuh.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 260.000 Kasus, Apa Penyebabnya?

2. Inggris

Inggris pada Senin (19/4/2021) juga memberlakukan pembatasan perjalanan ketat di India usai ledakan kasus di negara tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X