[HOAKS] Link Pendaftaran BLT UMKM Rp 2,4 Juta dengan Masukkan Nomor KTP

Kompas.com - 19/04/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi hoaks KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar link pendaftaran dan kompensasi untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Facebook.

Unggahan tersebut menyertakan narasi bahwa dana yang diberikan sebsesar 2,4 juta.

Dari konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan informasi yang disampaikan melalui unggahan tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Mas Kurniawan mengunggah informasi di grup Rumah Subsidi Solo Raya, pada 22 Maret 2021.

Dalam narasi unggahannya, disebutkan ada dana kompensasi bagi pelaku UMKM sebesar Rp 2,4 juta. Dana sudah dapat diambil per 31 Maret 2021.

Narasi itu menyebutkan bahwa dana ini sebagai modal usaha karena imbauan pemerintah untuk tetap di rumah selama pandemi.

Syarat untuk mendapatkan kompensasi ini adalah dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) bagi yang telah memiliki e-KTP.

Berikut nukilan unggahan Facebook dari Mas Kurniawan:

"Bagi yang sudah memiliki E-KTP sudah bisa mengambil kompensasi UMKM Per 31 Maret 2021 sebesar Rp. 2.400.000 untuk biaya modal usaha # dirumah aja.
Silakan cek apakah nama anda tercantum, dan cocokkan dengan NIK E-KTP anda melalui link berikut : https://cutt.ly/SxdBeZT," tulisnya.

Informasi hoaks pendaftaran BLT UMKM 2021 sebesar Rp 2,4 juta di Facebook, 22 Maret 2021.Facebook Mas Kurniawan Informasi hoaks pendaftaran BLT UMKM 2021 sebesar Rp 2,4 juta di Facebook, 22 Maret 2021.

Konfirmasi Kompas.com

Kepala Bagian Humas Kementarian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Anang Rachman, mengatakan, informasi yang beredar itu adalah hoaks.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X