Studi Ungkap Puasa Ramadhan Selama Pandemi Tidak Berbahaya

Kompas.com - 02/04/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi puasa SewCreamIlustrasi puasa

KOMPAS.com - Sebuah penelitian dari Inggris (UK) menemukan bahwa praktik puasa di bulan Ramadhan tidak menyebabkan tingkat kematian Covid-19 lebih tinggi di kalangan Muslim.

Sebelumnya ada asumsi negatif dari politisi bahwa komunitas tertentu, khususnya Muslim bertanggungjawab atas peningkatan kasus tahun lalu.

Namun penelitian itu keluar kurang dari dua minggu sebelum Ramadhan tahun ini dijadwalkan, sehingga dapat membantah hal tersebut.

Baca juga: Jadwal Puasa Ramadhan 1442 H untuk 34 Provinsi di Indonesia

Melansir Al-Jazeera, Kamis (1/4/2021), penelitian itu diunggah di Journal of Global Health.

Penelitian mengungkapkan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Muslim Inggris yang menjalankan ibadah di bulan suci lebih mungkin meninggal karena infeksi virus corona.

Mereka meneliti Muslim di Inggris. Terdapat lebih dari tiga juta Muslim di Inggris, sekitar lima persen dari populasi, dan sebagian besar berasal dari Asia Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Saat Berbuka Puasa Dianjurkan Memakan Makanan Manis?

Laporan itu didasarkan pada analisis komparatif tingkat kematian Covid-19 selama Ramadan tahun lalu, yang dimulai pada 23 April. Itu tak lama setelah gelombang pertama pandemi memuncak di Inggris.

Perayaan biasa dan shalat berjemaah di masjid dibatalkan selama bulan itu, sejalan dengan penguncian nasional.

Para peneliti menganalisis tingkat kematian di lebih dari selusin wilayah otoritas lokal di Inggris di mana populasi Muslim setidaknya 20 persen.

Baca juga: Berbuka Puasa dengan Gorengan, Amankah?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X