Kompas.com - 06/03/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi hoaks. KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi yang menyebutkan Palestina dan Vietnam tidak memiliki kasus kematian terkait Covid-19, karena warganya rutin mengonsumsi teh panas dan air perasan lemon. 

Namun dari penelusuran diketahui, Palestina dan Vietnam sudah mencatatkan adanya kasus kematian akibat Covid-19.

Selain itu, teh panas dicampur air lemon yang disebut bisa membunuh virus corona juga belum terbukti secara ilmiah.

Narasi yang beredar

Melalui media sosial Facebook, beredar informasi yang menyebut bahwa Palestina dan Vietnam tidak memiliki kasus kematian terkait Covid-19.

Rahasia di balik kesuksesan itu adalah dengan mengonsumsi air teh yang dicampur dengan air lemon.

Salah satu yang mengunggah info tersebut adalah akun Andy Ajha di grup APOTIK HIDUP UNTUK KESEHATAN (LIVING APOTICS FOR HEALTH) pada 19 April 2020.

Berikut adalah narasi yang ia dituliskan:

"Bismillah....( Semoga Bermanfaat)
Assalamu'alaikum Wr. Wb...
Kabar Gembira dan Istimewa.. di Palestina Korban Covid-19 Tidak ada Yang Meninggal...Berita Super.. Obat Virus Covid-19 Sudah Tercapai informasi dari Negara Islam Palestina.. Virus Covid-19 Tidak Menyebabkan Kematian.. Ternyata Resepnya Sangat Sederhana Tapi Sangat Ampuh.. Hanya 1 Teh.. 2 Lemon..Minumlah Teh Panas Setelah di Campur Perasan Lemon.. Dapat Segera Membunuh Virus Covid-19..Dan Dapat Sepenuhnya Menghilangkan Virus Covid-19 dari Tubuh... 2 Bahan ini Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Bersifat Basa.. karena ketika Malam Tiba Sistem Tubuh menjadi Asam.. Kemampuan Detensif juga akan berkurang.. itulah Sebabnya Orang Palestina Santai Saja dengan Menyebarnya Virus Covid-19... Di Palestina Semua Orang Minum Segelas Air Panas Dengan Sedikit Lemon di Malam Hari... Karena telah Terbukti Membunuh Virus Covid-19 Secara Total... Bagikan Resep Sakti ini Kepada Siapapun Untuk Mengantisipasi... Resep Sederhana ini Sangat Efektif karena tidak akan Terinfeksi Virus Covid-19.. Atas Izin Allah SWT...Selamat Mencoba..."

Tidak hanya Palestina, Vietnam juga disebut melaporkan hal serupa. Informasi ini diunggah oleh akun Eko Budi Santoso pada 6 Januari 2021.

Dan berikut ini adalah narasi dengan konten serupa yang menyebut nol kematian terkait Covid-19 juga dialami oleh Vietnam:

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X