Hari Ini dalam Sejarah: Kapal Herald of Free Terbalik, 193 Penumpang Tewas

Kompas.com - 06/03/2021, 10:15 WIB
Kapal Herald of Free Enterprise terbalik pada 6 Maret 1987 di Belgia Twitter/@OnthisdayRNKapal Herald of Free Enterprise terbalik pada 6 Maret 1987 di Belgia

KOMPAS.com - Hari ini 34 tahun lalu atau tepatnya pada 6 Maret 1987, kapal feri roll on roll of (RORO) MS Herald of Free Enterprise terbalik setelah berangkat dari pelabuhan Zeebrugge, Belgia.

Melansir Maritime Cyprus, peristiwa itu mengakibatkan 193 penumpang dan kru kapal tewas, dari total 539 orang yang berada di atas kapal itu.

Penyebab kecelakaan

Terbaliknya kapal MS Herald of Free Enterprise disebabkan oleh kelalaian salah seorang kru kapal. Pada saat berangkat dari pelabuhan, pintu utama kapal masih dalam kondisi belum sepenuhnya ditutup.

Hal itu mengakibatkan air laut membanjiri dek. MS Herald of Free Enterprise yang tidak dilengkapi dengan kompartemen banjir akhirnya terbalik, karena air yang memenuhi dek.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Foto Ikonik Pengibaran Bendera AS di Iwo Jima Jepang

Kapal MS Herald of Free Enterprise akhirnya berhasil diselamatkan. Kapal itu kemudian dijual oleh pemiliknya, perusahaan P&O, namun tidak ada yang mau membelinya, sehingga kapal itu akhirnya berakhir di pengepul rongsokan di Taiwan.

Kisah dari penyintas

Melansir BBC, 6 Maret 2017, salah seorang penyintas peristiwa itu adalah Gilian Lashbrooke. Pada saat terjadinya insiden itu, Lashbrooke berusia 16 tahun.

Perempuan itu kehilangan ibu, ayah tiri, dan paman dalam kecelakaan itu. Bersama tiga saudara laki-lakinya (tiri) dia berhasil selamat dari insiden tersebut.

"Aku sedang berada di luar di dek, melihat lautan, ketika peristiwa itu mulai terjadi. Air laut tampak semakin jauh, awalnya kupikir aku sedang membayangkannya," kata Lashbrooke. 

"Kapal kemudian miring dan aku terlempar ke belakang lalu pingsan selama beberapa saat. Ketika tersadar, aku terbaring di kursi. Tapi kursi itu berada di posisi yang salah karena kapal telah miring, jadi lantainya sekarang seperti dinding," ujarnya melanjutkan.

Dia memanjat tempat duduk seperti tangga tetapi tidak bisa. Ia lalu kembali ke dalam kapal dan mencari ibunya. Sampai pada kemudian dia akhirnya melompat ke laut.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Makam Raja Tutankhamun Penguasa Mesir Dibuka

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X