7 Hal yang Sering Ditanyakan Terkait Kartu Prakerja Gelombang 12

Kompas.com - 25/02/2021, 06:30 WIB
Gelombang 12 Kartu Prakerja resmi dibuka pada Selasa (23/2/2021) Instagram: @prakerja.go.idGelombang 12 Kartu Prakerja resmi dibuka pada Selasa (23/2/2021)

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja gelombang ke-12 telah dibuka pada Selasa (23/2/2021). Calon peserta pelatihan bisa mendaftar dan login di www.prakerja.go.id

Kuota untuk gelombang 12 ini disediakan sebanyak 600.000 peserta dan pendaftaran akan ditutup pada 26 Februari 2021 mendatang. 

Baca juga: Login www.prakerja.go.id untuk Daftar Gelombang 12, Kuota Terpenuhi Langsung Ditutup

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program kartu Prakerja, Louisa Tuhatu telah menjelaskan informasi mengenai pembukaan gelombang ke-12 ini. Mulai dari anggaran, target kuota, hingga skema penyaluran bantuan.

"Anggaran yang sudah definitif adalah Rp 10 triliun untuk satu semester dengan 2,7 juta penerima dalam skema yang sama persis seperti tahun 2020," kata Louisa kepada awak media, Selasa (23/2/2021).

Pertanyaan yang sering diajukan

Setelah pendaftaran dibuka, sejumlah pertanyaan banyak disampaikan masyarakat terkait program Prakerja gelombang ke-12 ini. Berikut di antaranya: 

1. Kapan waktu pendaftaran ditutup?

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka selama 4 hari, yakni sejak 23-26 Februari 2021. Namun, Louisa juga menyebut bahwa pendaftaran ini akan segera ditutup setelah kuota peserta terpenuhi.

2. Siapa saja yang bisa mendaftar?

Program ini bisa diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun, baik itu pencari kerja atau penganggur (lulusan baru/korban PHK), pekerja (buruh/karyawan), maupun wirausaha.

Selain itu, syarat lainnya di antaranya: 

  1. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal;
  2. Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, atau BPUM;
  3. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, DPR/D, BUMN/D;
  4. Dalam satu KK dibatasi kepesertaan untuk 2 anggota saja.

Baca juga: Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Daftar di www.prakerja.go.id

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Daftar Kartu Prakerja

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X