Heboh VTube Hilang dari Playstore, Ini Kata Satgas Waspada Investasi

Kompas.com - 24/02/2021, 19:45 WIB
Aplikasi VTube di playstore screenshootAplikasi VTube di playstore

KOMPAS.com - Setelah sempat menghebohkan masyarakat, aplikasi VTube kini dilaporkan hilang dari Google Playstore.

Di media sosial, warganet melaporkan aplikasi itu tidak lagi ditemukan saat melakukan pencarian di Playstore.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Rabu (24/2/2021) saat mengetik kata kunci 'VTube' di kolom pencarian Playstore, aplikasi tersebut tidak lagi ditemukan. 

Meski demikian, masih ada sejumlah aplikasi yang mengandung kata kunci tersebut.

Namun aplikasi tersebut bukan VTube yang dikembangkan oleh PT Future View Tech, melainkan aplikasi yang memberikan panduan tentang cara menggunakan VTube.

Baca juga: VTube Diblokir Kominfo, Ini Imbauan Satgas Waspada Investasi

Diblokir

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi membenarkan bahwa VTube telah diblokir dan dihapus dari Google Playstore. 

"Betul, sudah dihapus dari Google Playstore. Penindakan tersebut kami lakukan atas permohonan dari OJK," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/2/2021). 

Selanjutnya, Dedy juga mengingatkan, jika ada masyarakat yang merasa dirugikan dengan adanya apliakasi VTube dapat segera melaporkan ke kepolisian.

Ketika dikonfirmasi terpisah mengenai hilangnya aplikasi VTube dari Playstore, Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing juga membenarkan hal tersebut.

"Kami meminta semua (terkait VTube) diblokir oleh Kemenkominfo," kata Tongam saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Meskipun telah diblokir dan dihapus di playstore, sejumlah link penyedia aplikasi android disebutkan masih bisa untuk mengunduh VTube. Seperti ApkPure, Apkplz, 9apps, dan Rajaapk. 

Terkait hal itu, pihak Satgas Waspada Investasi mengaku melakukan pemantauan dan tidak menutup kemungkinan juga akan memblokirnya. 

"Kami monitor," kata Tongam. 

Baca juga: Diblokir Kominfo, VTube Masih Ada di Playstore, Ini Kata SWI

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X