GeNose: Izin, Distribusi, Harga, hingga Prosedur Penggunaannya

Kompas.com - 25/01/2021, 06:04 WIB
Ini rupa alat GeNose C19 besutan Universitas Gajah Mada (UGM) yang diyakini akurasi deteksi virus corona hingga 90 persen, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Dokumentasi Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiIni rupa alat GeNose C19 besutan Universitas Gajah Mada (UGM) yang diyakini akurasi deteksi virus corona hingga 90 persen, Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

KOMPAS.com - Mulai 5 Februari 2021, alat deteksi Covid-19 GeNose akan digunakan di stasiun.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu (23/1/2021). Kemenhub akan mengirimkan surat edaran kepada operator transportasi mengenai penggunaan GeNose. 

Alat pendeteksi Covid-19 lewat embusan napas ini dipelopori oleh peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lebih jauh, simak yang perlu kita ketahui soal GeNose!

Izin Kemenkes

Alat yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Eng Kuwat Triyana bersama timnya menjalani uji diagnostik pada Oktober 2020.

Pada 24 Desember 2020, GeNose mendapat izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Setelah mengantongi izin edar dari Kemenkes tim dari UGM akan melakukan penyerahan GeNose C19 hasil produksi massal batch pertama.

Produksi batch pertama sebanyak 100 unit, merupakan hasil pendaanaan dari Badan Intelijen Negara dan Kementerian Riset dan Teknologi.

Baca juga: Mulai 5 Februari Stasiun Akan Gunakan Alat Deteksi Covid-19 GeNose

Distribusi dan harga

GeNose rencananya akan digunakan di simpul-simpul transportasi umum seperti di stasiun kereta api, bandara, pelabuhan dan terminal.

Pada Sabtu (23/1/2021), Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyaksikan langsung penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose di Stasiun KA Pasar Senen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X