Mulai 5 Februari Stasiun Akan Gunakan Alat Deteksi Covid-19 GeNose

Kompas.com - 24/01/2021, 18:40 WIB
GeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Foto Dokumentasi Humas UGMGeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan mulai 5 Februari 2021 alat deteksi Covid-19 GeNose akan digunakan di stasiun.

Pihaknya telah berkomunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan akan segera ditindaklanjuti dengan surat persetujuan untuk penggunaan di simpul-simpul transportasi umum.

"Selanjutnya Kemenhub akan membuat Surat Edaran kepada para operator transportasi. Kita rencanakan penggunaannya sudah dimulai pada 5 Februari 2021 pada stasiun KA terlebih dahulu, baru kemudian bertahap selanjutnya di bandara," kata Budi saat meninjau penggunaan GeNose di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Mengenal Apa Itu GeNose, Alat Pendeteksi Covid-19 UGM yang Akurasinya Disebut Capai 75 Persen

Sementara itu, staf khusus Menhub Bidang Komunikasi Adita Irawati menambahkan pelaksanaan penggunaan GeNose di stasiun tersebut masih dalam tahap persiapan.

"Implementasi teknisnya sedang dipersiapkan bersama KAI," kata Adita kepada Kompas.com, Minggu (24/1/2021).

Dihubungi terpisah, VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan, teknis pelaksanaan seperti penerapan di stasiun mana saja dan siapa saja yang bisa menggunakannya, masih menunggu surat edaran atau informasi lebih lanjut.

"Kami masih menunggu info lebih lanjut dari pemerintah/Kemenhub terkait penggunaan Genose," katanya pada Kompas.com, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X