Hari Peluk Diperingati Setiap 21 Januari, Bagaimana Sejarahnya?

Kompas.com - 21/01/2021, 13:39 WIB
Ilustrasi berpelukan ShutterstockIlustrasi berpelukan

KOMPAS.com - Hari Berpelukan atau Hari Peluk ramai dibicarakan di media sosial Twitter, Kamis (21/1/2021).

Ada yang mengucapkan 'Selamat Hari Peluk Nasional' atau sering dikenal dengan National Hugging Day, ada juga yang membuat quotes atau kutipan mengenai Hari Peluk. 

Hari Peluk Nasional atau National Hugging Day tidak populer di Indonesia dan tidak menjadi sebuah peringatan khusus.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 83 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta Api Terparah di Australia

Bagaimana sejarah peringatan Hari Peluk?

Melansir Times Now News, Kamis (21/1/2021), Hari Berpelukan digagas pada 1986 oleh seorang pria bernama Kevin Zaborney di negara bagian Michigan, Amerika Serikat.

Alasan 21 Januari dipilih sebagai National Hugging Day karena ada di antara perayaan Natal dan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. 

Zaborney ingin mendorong publik bahwa tidak masalah untuk dirangkul oleh keluarga, teman, dan orang terdekat Anda agar merasa dicintai dan diterima.

Mengutip laman resminya, National Hugging Day, Hari Berpelukan dirayakan pertama kali pada 1986 setelah dicatatkan dalam kalender acara tahunan Chase.

Sejak saat itu, Hari Berpelukan terus berkembang secara internasional.

Awalnya populer di Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Swedia, Belanda, Bulgaria, Kolumbia, Guam, Australia, Georgia (negara), Inggris, Afrika Selatan, Argentina, dan Rusia.

Sekarang, hari tersebut bisa dirayakan di seluruh dunia atau secara global setiap 21 Januari.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 16 Januari 1862, Bencana Tambang Batu Bara

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X