4 Daerah Berikut Laporkan Penuhnya Ruang Perawatan Pasien Covid-19, Mana Saja?

Kompas.com - 21/01/2021, 11:35 WIB
KERETA ISOLASI-Walikota Madiun, Maidi melihat kondisi kereta medis darurat milik PT INKA yang akan dijadikan sebagai tempat perawatan pasien covid-19. Pemkot Madiun berencana meminjam kereta medis tersebut setelah ruang isolasi di rumah sakit penuh. KOMPAS.COM/Dokumentasi Kominfo Kota MadiunKERETA ISOLASI-Walikota Madiun, Maidi melihat kondisi kereta medis darurat milik PT INKA yang akan dijadikan sebagai tempat perawatan pasien covid-19. Pemkot Madiun berencana meminjam kereta medis tersebut setelah ruang isolasi di rumah sakit penuh.

 

KOMPAS.com - Angka kasus virus corona terus mengalami lonjakan drastis dalam beberapa pekan terakhir.

Sejumlah rekor baru bahkan beberapa kali tercatat dalam sepuluh hari terakhir dengan kasus harian tertinggi mencapai 14.224 pada 16 Januari 2021.

Akibat dari lonjakan kasus ini, keterisian ruang perawatan pasien Covid-19 pun bertambah dan nyaris penuh.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Pecahkan Rekor 4 Hari Berturut-turut, Apa yang Terjadi?

Berikut beberapa daerah yang melaporkan kapasitas RS yang hampir penuh, dikutip dari Laporan Analisa Harian dari Satgas Penanganan Covid-19, seperti yang diterima Kompas.com dari BNPB, Rabu (20/1/2021).

1. DKI Jakarta

Ruang perawatan pasien Covid-19 di RS Fatmawati, Jakarta Selatan hampir terisi 100 persen dari total 248 kamar.

"Saat ini pasien Covid-19 yang dirawat sudah mencapai 91,5 persen dari kapasitas yang ada," kata Kepala Promosi Kesehatan dan Humas RS Fatmawati Atom Kadam.

Menurutnya, ada sejumlah pasien yang telah mengantre masuk di ruang perawatan.

Jika ruang perawatan Covid-19 di RS Fatmawati penuh, pihaknya akan merujuk pasien ke rumah sakit lainnya.

Baca juga: Berikut Negara-negara yang Menyetujui Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Lawan Covid-19, Mana Saja?

Sementara itu, kondisi serupa juga dialami oleh RSPI Sulianto Saroso.

Karena banyaknya pasien yang antre, pihak RSPI Sulianto Saroso pun menambah jumlah ketersediaan ruang ICU dan non-ICU untuk pasien Covid-19.

"Jadi di RSPI Sulianti Saroso, kita sudah menambah ruangan, baik ruangan ICU maupun ruangan non-ICU," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Muhammad Syahril.

Baca juga: Daftar 108 Daerah Berstatus Zona Merah Covid-19 di Indonesia, Jawa Tengah Masih Tertinggi

Pada Rabu (20/1/2021), pihak RSPI telah menambah 17 ruangan ICU dan akan ditambah ruang non-ICU sebanyak 22 ruangan pada Kamis (21/1/2021).

Diberitakan Kompas.com (17/1/2021), ketersediaan tempat tidur Intensive Care Unit (IDU) di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta hanya bersisa 64 tempat tidur.

Data tersebut terpantau dalam sistem informasi eksekutif Dinas Kesehatan Provinsi KDI Jakarta, Minggu (17/1/2021) pukul 08.06 WIB.

Baca juga: Deretan Kepala Daerah yang Sedang Dirawat akibat Terinfeksi Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X