Simak, Ini Penjelasan Mengenai Puting Beliung dan Waterspout...

Kompas.com - 21/01/2021, 12:32 WIB
PUTING BELIUNG-Nampak puting beliung terlihat diatas Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021) sore. KOMPAS.COM/PUTING BELIUNG-Nampak puting beliung terlihat diatas Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021) sore.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Fenomena pusaran angin besar di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah menuai perhatian khalayak.

Peristiwa tersebut dilaporkan terjadi pada Rabu, 20 Januari 2021 pukul 16.00 WIB.

Kabid Diserminasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, fenomena yang terjadi di Waduk Gajah Mungkur merupakan puting beliung atau waterspout.

Menurutnya, puting beliung merupakan fenomena angin kencang yang bentuknya berputar menyerupai belalai, keluar dari awan Cumulonimbus (CB) dan terjadi di daratan.

"Jika terjadi di perairan dinamakan waterspout," kata Hary saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Viral Video Pohon Berasap di Kota Bandung, Bagaimana Ceritanya?

Kendati demikian, tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena puting beliung.

"Ada kondisi tertentu seperti ketika kondisi labilitas atmosfer yang melebihi ambang batas tertentu yang mengindikasikan udara sangat tidak stabil," katanya lagi.

Ia menambahkan, pada masa transisi atau pancaroba, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, lebih banyak terjadi kejadian hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang (puting beliung) berdurasi singkat.

"Dapat dimungkinkan terjadi di musim hujan dengan kondisi cuacanya seperti di masa transisi atau pancaroba," tutur dia.

Baca juga: Video Viral Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur, Ini Penjelasan Lengkap BMKG...

Baca juga: Berbahayakah Tidur dengan Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam?

Indikasi

Hary mengungkapkan, terdapat beberapa indikasi terjadinya hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang (puting beliung) berdurasi singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X