Banjir Bandang di Puncak Bogor, 900 Jiwa Terdampak dan Diungsikan

Kompas.com - 19/01/2021, 15:34 WIB
Banjir bandang di Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021). dok. BNPBBanjir bandang di Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021).

KOMPAS.com - Banjir bandang akibat hujan deras disertai longsoran tanah dari gunung melanda Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa (19/1/2021) pukul 10.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan, sebanyak 900 jiwa warga desa tersebut diungsikan akibat terdampak banjir.

Saat ini petugas masih melakukan pendataan terkait ada tidaknya korban jiwa dan adanya kerugian materiil akibat banjir bandang tersebut.]

"Sementara ini warga diungsikan ke rumah kerabat dan sebagian menempati Wisma PTPN 8 Gunung Mas," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Mengapa Bandung Kerap Diterjang Banjir?

Lebih lanjut, berdasarkan pantauan BPBD Kab. Bogor, situasi di lokasi banjir masih belum kondusif.

Setelah banjir pertama, banjir susulan terjadi pada pukul 12.05 WIB.

Saat ini, pihaknya masih melakukan kaji cepat, dan berkoordinasi dengan lembaga serta instansi terkait untuk melakukan assesment, evakuasi, dan penanganan banjir bandang tersebut.

Baca juga: Hasil Analisis Lapan soal Penyebab Banjir Besar di Kalimantan Selatan

Potensi hujan tiga hari ke depan

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, dalam tiga hari ke depan, wilayah Kota Bogor dan sekitarnya, berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan berlangsung hingga Februari 2021.

Dia mengatakan, warga bisa memantau prakiraan cuaca dan iklim di wilayahnya melalui laman BMKG.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X