Bahaya Produk Makeup Kedaluwarsa, Berikut Cara Cek Tanda-tandanya...

Kompas.com - 19/01/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi riasan wajah natural. puhhha/SHUTTERSTOCKIlustrasi riasan wajah natural.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan tentang seorang perempuan yang menggunakan makeup kedaluwarsa viral di media sosial. Dampaknya, wajah perempuan tersebut mengalami gatal-gatal, kemerahan dan bengkak. 

Belajar dari kejadian ini, masyarakat perlu lebih teliti dan hati-hati dalam pemakaian produk kecantikan, terutama untuk wajah. 

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman dr. Ismiralda Oke Putranti, Sp.KK menjelaskan produk makeup maupun skincare pasti mempunyai tanggal kedaluwarsa.

Baca juga: Viral Foto Wajah Bengkak karena Makeup Expired, Ini Kisahnya dan Penjelasan Dokter

Cek tanggal kedaluwarsa

Hal ini yang harus diketahui sebelum melakukan pemakaian, agar tidak salah memakai produk makeup. 

"Hanya saja tidak semua produk dicantumkan tanggal kedaluwarsanya," katanya pada Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Sebagai gantinya, beberapa produk memberikan 'penanda khusus' di setiap kemasannya untuk diperhatikan oleh para konsumen.

Dokter Oke yang juga dokter spesialis kulit di RSUD Prof dr Margono Soekarjo Purwokerto menjelaskan berikut ini bahaya jika seseorang memakai produk kedaluwarsa:

Bahaya produk kedaluwarsa

Baca juga: Kerap Ganti Skincare dan Makeup Berbahayakah? Ini Penjelasan Dokter

1. Reaksi Iritasi

Dokter Oke menjelaskan, pada produk yang mengandung AHA dan retinol, efek iritatifnya akan semakin kuat, sehingga bila digunakan akan membuat reaksi iritasi kulit yang lebih berat, kulit dapat mengalami kemerahan bahkan hingga timbul lenting-lenting berisi air.

Contoh lainnya penggunaan produk make up mata seperti maskara, eye shadow yang kadaluarsa, dapat menyebabkan mata merah dan gatal (pink eye/red eye).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X