Sama-sama Gunakan mRNA, Bagaimana Cara Kerja Vaksin Corona Pfizer dan Moderna?

Kompas.com - 02/01/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). SHUTTERSTOCK/Nixx PhotographyIlustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA).

KOMPAS.com - Vaksin virus corona buatan perusahaan farmasi Moderna dan Pfizer disebut-sebut memiliki efektivitas cukup tinggi mencegah munculnya gejala Covid-19. 

Diketahui, Moderna melaporkan tingkat efektivitas vaksinnya sebesar 94,1 persen. Sedangkan vaksin Pfizer/BioNTech memiliki efektivitas sebesar 95 persen.

Dua merek vaksin ini telah dipesan oleh sejumlah negara guna meredakan pandemi Covid-19.

Selain itu, teknik pembuatan dan cara kerja dua vaksin ini dinilai memiliki kesamaan, salah satunya menggunakan mRNA.

Baca juga: Mengenal Vaksin Corona mRNA, Benarkah Berbahaya dalam Jangka Panjang?

Messenger RNA

Dilansir dari CNN, (20/12/2020), vaksin Moderna dan Pfizer sama-sama memakai teknologi terbaru berbasis versi sintetis molekul virus SARS-CoV-2 yang disebut "messenger RNA" atau disingkat mRNA.

Adapun mRNA ini merupakan resep genetik untuk membuat potongan paku yang berada di atas virus corona.

Setelah vaksin disuntikkan, sistem kekebalan tubuh membuat antibodi terhadap paku tersebut.

Jika orang yang divaksinasi kemudian terinfeksi virus corona, maka antibodi tersebut harus siap menyerang virus.

Vaksin Moderna khususnya mengandung mRNA sintetis yang mengkode struktur yang disebut "glikoprotein lonjakan stabil pra-fusi" virus.

Kandungan vaksin

Selain itu, vaksin juga mengandung bahan lemak yang disebut lipid, trometamin, trometamin hidroklorida, asam asetat, natrium asetat, dan sukrosa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X