Saat Infeksi Virus Corona di Wuhan Mungkin 10 Kali Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan...

Kompas.com - 02/01/2021, 06:30 WIB
Petugas medis memeriksa pasien Covid-19 di Rumah Sakit Leishenshan, Wuhan, China. Rumah sakit itu bakal ditutup setelah pasien terakhir virus corona dipindahkan. Sky NewsPetugas medis memeriksa pasien Covid-19 di Rumah Sakit Leishenshan, Wuhan, China. Rumah sakit itu bakal ditutup setelah pasien terakhir virus corona dipindahkan.

KOMPAS.com - Sebuah studi oleh otoritas kesehatan China menunjukkan bahwa skala kasus Covid-19 di Wuhan mungkin 10 kali lipat lebih tinggi dari perhitungan yang tercatat.

Menurut survei serologis terhadap lebih dari 34.000 orang pada April lalu, sekitar 4,4 persen dari mereka yang diuji ternyata memiliki antibodi spesifik yang dapat melawan patogen penyebab Covid-19.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (29/12/2020), hal itu menunjukkan bahwa mereka pernah terinfeksi di masa lalu.

Baca juga: Melihat Efektivitas Vaksin Covid-19 yang Telah Diumumkan, dari Pfizer-BioNTech hingga Sinovac

Adapun data tersebut dirilis Senin (28/12/2020) malam oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setempat.

Rasio itu menunjukkan bahwa Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta orang, sebanyak 500.000 orang di antaranya mungkin telah terinfeksi.

Hampir 10 kali lebih banyak dari 50.000 kasus Covid-19 yang dilaporkan oleh otoritas kesehatan pada pertengahan April, ketika survei dilakukan.

Baca juga: WHO Kirim Tim ke Wuhan Usut Asal-usul Covid-19, Bagaimana Tanggapan China?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X