Finlandia Laporkan Kasus Varian Baru Virus Corona Inggris dan Afrika Selatan

Kompas.com - 30/12/2020, 14:27 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Finlandia mencatat dua kasus strain virus corona yang bermutasi atau varian VUI-202012/01 atau B1.1.7 pada Senin, (28/12/2020). Varian baru tersebut pertama kali dilaporkan di Inggris dan disebut lebih menular.

Dilansir Daily Mail, Senin (28/12/2020), salah satu pasien yang terinfeksi varian baru virus coroan tersebut merupakan warga negara Finlandia. Ia diketahui baru saja pulang dari Inggris untuk merayakan Natal.

Dengan adanya kasus varian baru ini, Otoritas Finlandia mendesak semua orang yang tiba di Inggris sejak 7 Desember 2020 agar melakukan tes Covid-19.

Upaya pencegahan penularan virus corona juga telah diterapkan di Finlandia, dengan pembatasan penerbangan.

Pekan lalu, Finlandia menghentikan semua penerbangan terjadwal dengan Inggris hingga awal Januari. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya gelombang infeksi kedua virus corona.

Baca juga: Kasus Pertama Infeksi Varian Baru Virus Corona Tercatat di AS

Tak hanya itu, Finlandia mendeteksi satu pasien terinfeksi varian baru virus corona lainnya, yakni 501.V2 yang menyebar di Afrika Selatan.

Otoritas Finlandia saat ini masih menelusuri bagaimana varian baru virus corona tersebut bisa menyebar ke wilayahnya.

Berdasarkan pemberitaan Bloomberg, (30/12/2020), sebagian besar mutasi virus corona yang ditemukan belum memiliki efek yang jelas pada virus.

Para ilmuwan paling memperhatikan mutasi yang melibatkan gen seperti yang mengkode protein lonjakan SARS-CoV-2, yang diubah dalam varian VUI 202012/01 seperti yang ditemukan di Inggris.

Negara yang temukan varian baru virus corona

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X