[HOAKS] Link Survei Pendapat Pendirian Bank Syariah Muhammadiyah

Kompas.com - 28/12/2020, 12:36 WIB
Hoaks/Hoax ThinkstockHoaks/Hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Baru-baru ini di media sosial beredar link survei pendapat pendirian Bank Syariah Muhammadiyah.

Survei tersebut memuat sejumlah pertanyaan, seperti bentuk lembaga keuangan bagi Muhammadiyah serta manfaat dan keuntungan bila Muhammadiyah memiliki lembaga keuangan.

Informasi tautan (link) itu tidak resmi diadakan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. 

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto menegaskan PP Muhammadiyah tidak mengadakan dan tidak menugaskan baik majelis, lembaga, maupun individu untuk mengadakan survei pendirian bank syariah.

Menurutnya, belum ada sikap resmi Muhammadiyah untuk mendirikan bank syariah sendiri.

Narasi yang Beredar

Baru-baru ini muncul survei pendirian Bank Syariah Muhammadiyah. Survei atau angket itu disebut merupakan jalan terbaik sebagai aspirasi warga Muhammadiyah untuk memiliki lembaga keuangannya sendiri.

Status Facebook berisi link tidak resmi survei pendirian Bank Syariah Muhammadiyah.Facebook Status Facebook berisi link tidak resmi survei pendirian Bank Syariah Muhammadiyah.

Narasi itu ditunjukkan status akun ini yang juga membagikan tautan survei. Laman survei bertajuk "Survey Lembaga Keuangan Muhammadiyah. Pendapat Warga Muhammadiyah terkait Lembaga Keuangan Milik Muhammadiyah."

Di dalamnya termuat kolom identitas pribadi dan keaktifan di Muhammadiyah/Aisyiyah/Ortom.

Lembaran kedua survei mencakup sejumlah pertanyaan antara lain bentuk lembaga keuangan bagi Muhammadiyah dan keikutsertaan ketika Muhammadiyah memiliki lembaga keuangan.

Pertanyaan lain yakni manfaat adanya lembaga keuangan milik Muhammadiyah dan keuntungan jika Muhammadiyah memiliki lembaga keuangan.

Tangkapan layar survei lembaga keuangan Muhammadiyah yang ditegaskan PP Muhammadiyah tidak resmi dikeluarkan pihaknya. Facebook Tangkapan layar survei lembaga keuangan Muhammadiyah yang ditegaskan PP Muhammadiyah tidak resmi dikeluarkan pihaknya.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X