UPDATE: WNI di Arab Saudi Bisa Pulang ke Tanah Air

Kompas.com - 28/12/2020, 10:44 WIB
Jemaah Umrah Amphuri yang keberangkatannya ke Tanah Suci tertunda akibat aturan baru terkait penrbangan internasional yang dikeluarkan pihak Kerajaan Saudi. AmphuriJemaah Umrah Amphuri yang keberangkatannya ke Tanah Suci tertunda akibat aturan baru terkait penrbangan internasional yang dikeluarkan pihak Kerajaan Saudi.

KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Arab Saudi, merilis informasi terbaru tentang ketentuan penerbangan internasional di negara itu.

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Agebriel, mengonfirmasi, ada sejumlah ketentuan baru yang dikeluarkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) pada Minggu (27/12/2020).

Pertama, maskapai penerbangan telah kembali diizinkan untuk mengangkut penumpang non-Saudi keluar dari wilayah Arab Saudi dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan yang berlaku.

Artinya, dengan adanya ketentuan ini, maka Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Arab Saudi sudah bisa pulang ke Tanah Air.

"Insya Allah akan ada flight Citilink dari Jeddah. Angkut jemaah umrah yang stranded dan juga tim kesehatan haji," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Agus mengatakan, penerbangan Citilink dari Jeddah ke Indonesia dijadwalkan bertolak pada hari ini, Senin (28/12/2020), dan sudah mendapat izin landing.

Dia menyebutkan, Garuda Indonesia juga berencana untuk bertolak ke Tanah Air.

"Garuda rencana tanggal 31 Desember 2020. Sedang proses izin dari GACA," kata Agus.

Baca juga: Arab Saudi Tutup Penerbangan Internasional, Bagaimana Nasib Jemaah Umrah yang Berangkat Hari Ini?

Tidak berlaku bagi negara yang ditemukan varian baru

Selain mengizinkan penumpang non-Saudi keluar dari Arab Saudi, GACA juga mengeluarkan sejumlah ketentuan lainnya.

Untuk maskapai asing, maka awak pesawatnya tidak diizinkan keluar dari pesawat dan dilarang melakukan kontak fisik dengan para petugas di bandara Arab Saudi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X