Ingin Buramkan Foto Objek di Google Street View? Begini Caranya

Kompas.com - 26/12/2020, 15:00 WIB
Aplikasi terbaru peta digital Google Street View yang dilengkapi teknologi foto 360 derajat. Aplikasi ini dijalankan melalaui sistem operasi Android dan dapat diunduh gratis, Kamis (1/10/2015). KOMPAS/LUCKY PRANSISKAAplikasi terbaru peta digital Google Street View yang dilengkapi teknologi foto 360 derajat. Aplikasi ini dijalankan melalaui sistem operasi Android dan dapat diunduh gratis, Kamis (1/10/2015).

KOMPAS.com - Google Street View menjadi salah satu layanan dari raksasa teknologi, Google, yang banyak digunakan oleh masyarakat karena berbagai manfaat yang ditawarkan.

Misalnya, kita bisa mengetahui lokasi dan bentuk suatu bangunan secara persis, karena kita bisa mengakses foto 360 derajat yang menggambarkan kondisi riil saat citra ditangkap.

Namun kemudahan-kemudahan ini juga bisa berarti mengancam privasi seseorang, karena objek-objek pribadinya terkespos Google dan bisa diakses oleh semua orang.

Objek-objek itu misalkan kendaraan bermotor, rumah, bahkan wajah kita bisa saja terekam oleh Google jika memang kita terekam oleh kamera yang petugas mereka bawa saat melakukan pencitraan wilayah.

Hal itu bukan tidak mungkin menjadi celah tersendiri bagi pelaku tindak kriminalitas untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Baca juga: Ternyata Ini Cara Merekam Jalan-jalan di Dunia oleh Google Street View

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Kominfo (@kemenkominfo)

Cara memburamkan objek

Untuk itu, Google memberi kita kesempatan untuk memburamkan objek-objek yang dinilai pribadi, yang tertangkap oleh kamera mereka dalam Google Street View.

Sekali lagi, layanan ini adalah memburamkan, bukan menghapus.

Bagaimana caranya?

1. Buka Google Maps

2. Pilih Google Street View atau ikon berbentuk orang dengan warna kuning

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X