Ternyata Ini Cara Merekam Jalan-jalan di Dunia oleh Google Street View

Kompas.com - 01/02/2020, 15:31 WIB
Eko Pramono, karyawan Google Street View, menggendong alat Street View Trekker yang digunakan untuk mengambil imaji panorama dengan sudut 360 derajat di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Minggu (27/9/2015). Alat berupa kamera dengan 15 lensa itu memungkinkan pengambilan gambar 360 derajat di jalur yang dilewati pengguna alat itu. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOEko Pramono, karyawan Google Street View, menggendong alat Street View Trekker yang digunakan untuk mengambil imaji panorama dengan sudut 360 derajat di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Minggu (27/9/2015). Alat berupa kamera dengan 15 lensa itu memungkinkan pengambilan gambar 360 derajat di jalur yang dilewati pengguna alat itu.

KOMPAS.com - Sebagai pengguna internet, kita pasti sudah tidak asing dengan salah satu teknologi yang dihadirkan oleh perusahaan raksasa Google terkait pemetaan wilayah, yakni Street View.

Melalui teknologi yang hadir sejak 2007 ini, pengguna bisa melihat wilayah di seluruh dunia secara real, menyusuri jalan-jalan yang ada di sana, dan melihat apa yang ada di sekitar lokasi itu.

Teknologi ini menawarkan pengalaman kepada penggunanya untuk menjelajahi suatu tempat secara "riil", padahal hanya melalui gadget saja.

Lalu, bagaimanakah Street View dibuat?

Dikutip dari situs google, ada begitu banyak orang yang dikerahkan untuk menjelajahi jalan-jalan di berbagai belahan Bumi.

Mereka menjelajah mulai dari jalan raya, hingga gang-gang sempit, bahkan wilayah bersalju atau perairan sekalipun.

Tidak sekadar berjalan, mereka juga membawa serta seperangkat kamera yang siap menangkap citra setiap lokasi yang dilewati. 

Baca juga: Kalahkan Google dan Apple, Amazon Jadi Merek Paling Mahal

Armada Street View

Untuk memudahkan pekerjaannya, Google memiliki 5 armada khusus yang dapat digunakan di berbagai medan untuk melakukan pencitraan untuk Street View.

1. Mobil

epa06747279 A photography apparatus carried on the roof of a car takes photos to update Google Street View functions in Debrecen, 226 kms east of Budapest, Hungary, 18 May 2018. Google Street View, which displays panoramas of stitched images, is a technology featured in Google Maps and Google Earth that provides panoramic views from positions along many streets in the world. The application has been updated several times in Hungary since 2013, the year it was made available in the country.  EPA-EFE/ZSOLT CZEGLEDI HUNGARY OUTZSOLT CZEGLEDI epa06747279 A photography apparatus carried on the roof of a car takes photos to update Google Street View functions in Debrecen, 226 kms east of Budapest, Hungary, 18 May 2018. Google Street View, which displays panoramas of stitched images, is a technology featured in Google Maps and Google Earth that provides panoramic views from positions along many streets in the world. The application has been updated several times in Hungary since 2013, the year it was made available in the country. EPA-EFE/ZSOLT CZEGLEDI HUNGARY OUT

Sebagaimana mobil pada umumnya, tidak banyak perbedaan mobil yang dimiliki oleh Google Street View dengan mobil-mobil pribadi yang biasa kita jumpai.

Perbedaan utamanya hanya terletak pada bagian atap yang disertai dengan seperangkat kamera yang dapat membidik gambar dari sisi 360 derajat.

Sehingga, seluruh citra yang ada di sekeliling jalan yang dilewati mobil ini dapat terekam dengan baik.

2. Trekker

epa07672697 A man (C) carries one of Googles Street View Trekker backpack to capture photographs of the city, around San Sebastian, Spain, 25 June 2019.  EPA-EFE/JAVIER ETXEZARRETAJAVIER ETXEZARRETA epa07672697 A man (C) carries one of Googles Street View Trekker backpack to capture photographs of the city, around San Sebastian, Spain, 25 June 2019. EPA-EFE/JAVIER ETXEZARRETA

Armada kedua adalah trekker. Alat ini memiliki perangkat kamera yang sama dengan yang terpasang di armada mobil, trekker digunakan di tempat yang lebih spesifik dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan besar.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X