Kado Ultah Google Maps ke-15 dari Pria Jerman: Bikin Jalanan 'Macet' dengan 99 Hape

Kompas.com - 04/02/2020, 14:15 WIB
Simon Weckert membawa 99 ponsel yang mengaktifkan Google Maps menyusuri sebuah jalan http://www.simonweckert.comSimon Weckert membawa 99 ponsel yang mengaktifkan Google Maps menyusuri sebuah jalan

KOMPAS.com - Seorang seniman bernama Simon Weckert membawa 99 buah ponsel dengan troli atau gerobak kecil dengan kondisi Google Maps yang aktif di setiap ponsel.

Ia berjalan mengitari jalan-jalan di Kota Berlin, Jerman.

Hal itu dilakukan Simon untuk mencari tahu bagaimana sebenarnya Google Maps bekerja mendeteksi kemacetan di jalan.

Ternyata, setelah ia berjalan kaki membawa ponsel-ponsel tersebut, benar saja kemacetan palsu berhasil ia buat dan tampil di aplikasi Google Maps.

Kemanapun ponsel-ponsel itu dibawa, Google Maps menunjukkan terjadi kemacetan dengan memunculkan garis berwarna merah yang menandakan adanya kepadatan.

Tidak hanya memunculkan garis berwarna merah, Google Maps juga akan secara otomatis mencarikan rute baru yang dinilai lebih longgar untuk setiap pengendara yang akan melewati jalan yang menurut pantauannya macet.

Baca juga: Ternyata Ini Cara Merekam Jalan-jalan di Dunia oleh Google Street View

Hasil dari 99 ponsel aktif yang dibawa Simon di jalanan Berlin membuat jalanan tersebut terdeteksi macet di Google Mapssimonweckert.com Hasil dari 99 ponsel aktif yang dibawa Simon di jalanan Berlin membuat jalanan tersebut terdeteksi macet di Google Maps

Dikutip dari Business Insider, Weckert memang memainkan mekanisme yang selama ini digunakan Google Maps untuk memprediksi kepadatan lalu lintas.

“Tidak ada yang namanya data netral. Data selalu dikumpulkan untuk tujuan tertentu, dengan mengombinasikan orang, teknologi, uang, perdagangan, dan pemerintah," kata Weckert.

Ia menceritakan, percobaan ini ia lakukan di musim panas kemarin, namun baru ia publikasikan hasilnya di pekan ini sebagai hadiah untuk ulang tahun Google Maps yang ke-15.

Weckert menambahkan, ia ingin menggugah orang-orang yang selama ini percaya begitu saja terhadap apa yang ditunjukkan oleh teknologi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X