Jumlah Zona Merah Covid-19 di Jateng Terbanyak di Indonesia, Ini Kata Epidemiolog

Kompas.com - 04/12/2020, 15:45 WIB
Daftar Zona Merah Covid-19 di Indonesia KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoDaftar Zona Merah Covid-19 di Indonesia

KOMPAS.com - Sebaran wilayah zona merah di Indonesia meningkat. Hal itu diketahui dari data per 28 November 2020 di laman Covid-19.go.id yang diperbarui pada Selasa (1/12/2020).

Dari data tersebut, jumlah kabupaten/kota di Indonesia yang berstatus zona merah ada 50 wilayah, dari data 2 minggu sebelumnya (15/11/2020) jumlah zona merah ini masih 28 kabupaten/kota.

Dari 50 kabupaten/kota zona merah yang ada sekarang, 12 di antaranya ada di Provinsi Jawa Tengah, ini adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Zona Merah Diminta Tak Paksakan Sekolah Tatap Muka

Kedua belas wilayah itu adalah sebagai berikut:

1. Kota Pekalongan
2. Kota Tegal
3. Banjarnegara
4. Banyumas
5. Temanggung
6. Pemalang
7. Tegal
8. Sukoharjo
9. Kendal
10. Brebes
11. Blora
12. Klaten

Baca juga: Zona Merah Covid-19: Naik Hampir 2 Kali Lipat, Jateng Terbanyak

Ingatkan terus protokol kesehatan

Lantas, apa yang harus dilakukan agar Jawa Tengah bisa menurunkan jumlah wilayah berisiko tinggi ini?

Pakar epidemiologi dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dr. Ari Udiyono, M.Hum mengatakan pemerintah daerah semestinya terus mengingatkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak atau menghindari kerumunan (3M).

"Tidak jemu-jemu untuk terus menggaungkan protokol kesehatan," kata Ari, saat dihubungi Jumat (4/12/2020).

Selama ini, kerumunan dan acara-acara publik yang bersifat mengumpulkan massa, seperti hajatan, acara keagamaan, dan sebagainya memang ditengarai menjadi salah satu sumber penularan di masyarakat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X