Kasus Terus Menanjak, Ini 11 Gejala Infeksi Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 04/12/2020, 08:05 WIB
Ilustrasi karantina virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi karantina virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan, ada penambahan 8.369 kasus baru virus corona pada Kamis (3/12/2020).

Angka ini merupakan rekor penambahan pasien Covid-19 tertinggi dalam sehari di Indonesia.

Akibat penambahan pasien yang signifikan per harinya, sejumlah rumah sakit dikabarkan telah kehabisan tempat perawatan intensif dan ruang isolasi untuk menampung pasien Covid-19.

Baca juga: Mengenal 9 Kandidat Vaksin Virus Corona

Upaya yang dapat dilakukan masyarakat agar kasus infeksi virus corona tidak semakin bertambah yakni dengan mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker hingga menjaga jarak.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, ada beberapa gejala jangka panjang yang sering dilaporkan dari pasien positif Covid-19.

Baca juga: 4 Penelitian Golongan Darah O Lebih Kebal Covid-19

Berikut gejala-gejala infeksi virus corona yang perlu diwaspadai:

1. Kelelahan

Selama sembilan bulan terakhir, orang-orang yang terinfeksi virus corona melaporkan bahwa mereka merasa kelelahan dan tidak enak badan.

Gejala ini menjadi permasalahan lantaran dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

2. Sesak napas

Dilansir Kompas.com, (6/10/2020) sesak napas adalah gejala umum Covid-19, namun kesulitan bernapas yang serius dapat menjadi tanda sindrom gangguan pernapasan akut yang bisa berakibat fatal.

Baca juga: Simak, Ini 15 Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Sistem Imun Kuat

3. Batuk

Batuk merupakan gejala persisten paling umum yang terlihat. Namun, batuk yang muncul bukan batuk biasa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X