Studi: Virus Corona Bertahan Lebih Lama pada Tetesan Berukuran Kecil

Kompas.com - 25/11/2020, 15:30 WIB
Seorang wanita membersihkan gagang pintu untuk mencegah infeksi virus corona aslysunSeorang wanita membersihkan gagang pintu untuk mencegah infeksi virus corona

KOMPAS.com - Bagaimana dan berapa lama virus corona penyebab Covid-19 bisa bertahan di permukaan benda?

Untuk mengetahuinya, para peneliti di India sedang mengeksplorasi waktu pengeringan film cair tipis yang bertahan di permukaan setelah sebagian besar tetesan pernapasan menguap.

Sebuah studi di India menyebutkan, partikel yang mengandung virus corona yang menempel di permukaan benda dapat menular selama beberapa hari meskipun berubah ukuran menjadi sangat kecil dan pipih.

Lama waktu virus bertahan di permukaan

Skema film tipis cair yang mengering pada permukaan dan perbandingan ketebalan lapisan tipis yang bervariasi waktu dengan titer virus corona (konsentrasi virus terendah yang masih menginfeksi sel) pada plastik.R. Bhardwaj dan A. Agrawal Skema film tipis cair yang mengering pada permukaan dan perbandingan ketebalan lapisan tipis yang bervariasi waktu dengan titer virus corona (konsentrasi virus terendah yang masih menginfeksi sel) pada plastik.

Dilansir dari Daily Mail, (24/11/2020), konversi ini menyebabkan lebih dari 99,9 persen tetesan cairan akan menghilang dalam hitungan menit.

Namun, partikel virus masih bertahan dalam lapisan pelindung cairan yang tersisa. Padahal umumnya, cairan yang terkena udara akan menguap dan hilang.

Tetapi ada pelindung kecil berukuran nanometer yang menjaga film (ukuran kecil dan pipih) yang menempel pada permukaan dan memperlambat proses penguapan.

Baca juga: Studi: Lama Waktu Virus Corona Bisa Bertahan Hidup di Permukaan Benda

Film menguap sepenuhnya pada waktu yang berbeda, tergantung pada bahan permukaan yang dijatuhi cairan tetesan.

Disebutkan bahwa untuk permukaan tahan karat, virus dapat bertahan selama 24 jam. Sedangkan untuk permukaan tembaga, virus dapat bertahan selama 16 jam.

Namun, virus dapat bertahan lebih dari 150 jam (lebih dari 6 hari) dengan polypropylene.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X