Situasi Memburuk, Spanyol Catatkan 1 Juta Kasus Covid-19

Kompas.com - 22/10/2020, 07:55 WIB
Tiga perempuan memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Madrid, Spanyol, pada Kamis, 8 Oktober 2020. AP Photo/Paul White via ABC IndonesiaTiga perempuan memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Madrid, Spanyol, pada Kamis, 8 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Spanyol menjadi negara Eropa Barat pertama yang melaporkan 1 juta kasus infeksi virus corona hingga Rabu (21/10/2020).

Laporan tersebut datang pada saat pemerintah telah mengeluarkan serangkaian tindakan ketat untuk mengendalikan Covid-19.

Dikutip dari Reuters, Rabu (21/10/2020), data Kementerian Kesehatan menunjukkan total kasus mencapai 1.005.295 atau naik 16.973 kasus dari hari sebelumnya.

Sementara, pasien yang meninggal dunia bertambah 156 orang menjadi 34.366 orang.

Sempat mengalami penurunan kurva usai penguncian ketat pada Maret hingga Juni 2020, tingkat infeksi kembali meningkat dan sering melebihi 10.000 kasus per hari dari akhir Agustus 2020.

Puncaknya, lebih dari 16.000 kasus dilaporkan pada minggu lalu.

Baca juga: Ahli Ungkap Kemunculan Covid-19 di Spanyol sejak Maret 2019

Sejumlah pihak menyalahkan ketidaksabaran pemerintah dalam menghapus pembatasan atau rasa jenuh yang dialami warga dalam menerapkan jarak sosial.

"Kami kurang bertanggung jawab, kami suka berpesta, bertemu dengan keluarga," kata seorang bankir, Carolina Delgado.

"Kami belum menyadari satu-satunya cara adalah menjaga jarak, hal-hal sederhana seperti tidak berkumpul dengan banyak orang, dan memakai masker meski hanya bertemu teman," lanjut dia.

Polarisasi politik

Salah satu pendiri Institute for Health and Strategy Bilbao Dr Rafael Bengoa mengatakan, keluar dari penguncian secara tergesa-gesa sebelum sistem pelacakan diterapkan membuat penularan menjadi tak terkendali dan lebih cepat dari negara lain.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X