Ilmuwan Belanda Menemukan Organ Baru di Dalam Kepala Manusia, Apa Itu?

Kompas.com - 21/10/2020, 20:30 WIB
Organ baru yang ditemukan oleh peneliti dari Belanda Valstar, et al/Radiotherapy and OncologyOrgan baru yang ditemukan oleh peneliti dari Belanda

KOMPAS.com - Lebih dari 160 tahun yang lalu, penulis Dr. Henry Grey menyusun teks paling komprehensif tentang tubuh manusia.

Namun, setelah lusinan revisi dan edisi baru, para dokter masih membuat penemuan tentang bagaimana tubuh tersusun dari banyak organ.

Terbaru, sejumlah ilmuwan di Institut Kanker Belanda mengaku telah menemukan organ baru di tenggorokan saat melakukan penelitian tentang kanker prostat.

Sebelumnya para ahli mengira hanya ada kelenjar ludah mikroskopis di dalam daerah nasofaring di belakang hidung.

Tetapi, seperti dikutip dari Skynews (21/10/2020), para peneliti menemukan satu set baru kelenjar ludah sekitar 1,5 inci (3,81 cm) saat memindai sel kanker prostat menggunakan kombinasi CT scan dan positron emission tomography (PET) scan yang disebut PSMA PET-CT.

Jika organ baru tersebut dikonfirmasi, itu akan menjadi yang pertama dalam waktu sekitar tiga abad menurut The Newyork Times (19/10/2020).

Baca juga: Para Ilmuwan Temukan Organ Baru Pendeteksi Rasa Sakit di Bawah Kulit

Sebelumnya, dalam setiap buku anatomi modern hanya menyebutkan tiga jenis utama kelenjar ludah: satu terletak di dekat telinga, satu lagi di bawah rahang, dan satu lagi di bawah lidah.

"Sekarang, kami pikir ada yang keempat," kata Dr. Matthijs Valstar, seorang ahli bedah dan peneliti di Institut Kanker Belanda.

Valstar mengatakan, kelenjar ludah secara kolektif mengeluarkan sekitar satu liter ludah setiap hari. Kelenjar tersebut berfungsi melumasi mulut, membuatnya lebih mudah untuk berbicara dan menelan.

Selain juga bertugas membawa bahan kimia lezat dalam makanan ke sel mikroskopis yang dapat merasakannya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X