Hanan al-Ahmadi, Wanita Pertama dalam Kepemimpinan Majelis Syuro Arab Saudi

Kompas.com - 19/10/2020, 18:31 WIB
Bendera Arab Saudi. ThinkstockBendera Arab Saudi.

KOMPAS.com - Arab Saudi merestruturisasi Dewan Ulama Senior Kerajaan dan Dewan Syuro pada Minggu (18/10/2020).

Dewan Ulama Senior yang direstrukturisasi akan dipimpin Mufti Agung Sheikh Abdulaziz al-Sheikh dan beranggotakan 20 orang.

Sementara, Sheikh Abdallah al-Sheikh ditunjuk sebagai Kepala Dewan Syuro Kerajaan baru yang membawahi 150 anggota untuk masa jabatan empat tahun mendatang.

Satu di antara nama baru yang menyita perhatian adalah Dr Hanan binti Abdulraheem al-Ahmadi, Deputi Ketua Majelis Syuro Arab Saudi.

Sebab, Hanan merupakan wanita pertama yang menduduki posisi kepemimpinan di Dewan Syuro Arab Saudi.

Baca juga: Arab Saudi Gagal Jadi Anggota Dewan HAM PBB

Siapa Hanan al-Ahmadi?

Dikutip dari laman resmi Majelis Syuro Arab Saudi, Hanan menamatkan gelar sarjana di bidang ekonomi dari King Saud University pada 1985.

Tiga tahun kemudian, tahun 1988, ia meraih gelar magister di bidang administrasi layanan kesehatan dari Tulane University, Amerika Serikat.

Hanan juga meraih gelar doktoral bidang kesehatan masyarakat dari University of Pittsburgh, Pennsylvania, AS, pada 1994.

Sebagian besar kariernya banyak dihabiskan di bidang akademik sebagai profesor di Institute of Publick Administration Arab Saudi.

Baca juga: Untuk Kali Pertama, Arab Saudi Helat Turnamen Golf Wanita

Di kampus itu, Hanan pernah menjabat sebagai koordinator bidang administrasi kesehatan pada 2004-2008 dan anggota dewan ilmiah pada 2013-2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X