Twitter Hapus Twit Satgas Corona Gedung Putih yang Sebut Masker Tak Efektif

Kompas.com - 19/10/2020, 13:10 WIB
Ilustrasi Twitter ZDNet.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Twitter telah menghapus twit penasihat dan anggota satuan tugas virus corona Gedung Putih, Dr Scott Atlas yang mengatakan bahwa masker tidak efektif dalam menghentikan penyebaran virus corona.

" Masker berfungsi? TIDAK," tulis Atlas, diikuti oleh serangkaian kesalahan representasi mengenai ilmu di balik efektivitas masker dalam memerangi pandemi.

Melansir CNN Internasional, Atlas sebelumnya menentang pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci, dan menganjurkan agar sekolah dibuka kembali sepenuhnya dan menentang tindakan penguncian.

Adapun twit tersebut ditulis saat kasus virus corona melonjak di seluruh bagian AS, juga terkait dengan artikel di American Institute for Economic Research yang menentang keefektifan masker.

Baca juga: Trump Protes Facebook dan Twitter karena Berusaha Tutupi Kasus Joe Biden dan Putranya

Melanggar kebijakan Twitter

Twitter mengungkapkan bahwa twit Atlas melanggar kebijakan yang melarang membagikan konten palsu atau menyesatkan terkait Covid-19.

Diwartakan Business Insider, platform media sosial telah menindak informasi yang salah dalam beberapa bulan terakhir.

Tak hanya itu, twit kontroversial juga diberikan label peringatan, bahkan akun Presiden AS Donald Trump diblokir sementara.

Seperti diketahui, twit tersebut bertentangan dengan panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, yang merekomendasikan orang memakai masker di tempat umum dan menerapkan jarak sosial.

Pada April, CDC merekomendasikan masker untuk masyarakat umum mengingat bahwa orang tanpa gejala dapat secara tidak sadar menularkan virus. 

Sementara itu, Direktur CDC Dr. Robert Redfield khawatir jika Atlas memberikan informasi yang menyesatkan mengenai Covid-19 kepada Trump.

Baca juga: Twitter Kembali Beri Label Peringatan pada Twit Donald Trump

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X