Melihat Perekonomian China, yang Disebut Berhasil Pulih dari Dampak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 19/10/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com -  China disebut menjadi negara dengan ekonomi besar pertama yang pulih dari dampak pandemi setelah berhasil mengendalikan kasus-kasus Covid-19 di wilayahnya.

Negara ini menunjukkan pemulihan kondisi ekonomi dapat terjadi setelah pandemi virus corona di wilayahnya dikendalikan. 

Melansir The Guardian, Senin (19/10/2020), berdasarkan data dari pemerintah, ekonomi China tumbuh sebesar 4,9 persen antara Juli dan September. 

Kondisi tersebut menunjukkan berbaliknya keadaan dengan drastis dari kuartal pertama tahun ini di mana ekonomi China mengalami penyusutan sebesar 6,8 persen.

Seperti diketahui, banyak negara, terutama dengan ekonomi besar, berusaha untuk cepat kembali bangkit setelah terdampak buruk oleh pandemi virus corona.

Namun, China menjadi negara pertama yang melaporkan pertumbuhan yang secara signifikan hingga melewati capaian di waktu yang sama tahun lalu. 

Posisi China diperkirakan akan tetap lebih unggul dibandingkan negara-negara lain dalam beberapa bulan ke depan.

Pasalnya, negara-negara dengan ekonomi besar seperti Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa masih menghadapi gelombang kasus-kasus baru virus corona.

Baca juga: Sukses Tangani Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi China Melonjak 4,9 Persen pada Kuartal III 2020

Kondisi ekonomi China

Pada Minggu (18/10/2020), Gubernur Bank Sentral China Yi Gang mengatakan, diprediksi akan terjadi pertumbuhan tahunan kurang lebih 2 persen.

"Ekonomi China tetap bertahan dengan pontesi besarnya. Pemulihan terus diantisipasi, yang akan bermanfaat bagi pemulihan global," kata dia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X