Jepang Akan Gunakan Air Sebagai Bahan Bakar Eksplorasi di Bulan

Kompas.com - 29/09/2020, 19:30 WIB
Salah satu penampakan cekungan kawah yang ada di permukaan Bulan, yang diduga terbentuk dari dampak meteorit raksasa. NASA/GSFC/Arizona State UniversitySalah satu penampakan cekungan kawah yang ada di permukaan Bulan, yang diduga terbentuk dari dampak meteorit raksasa.

KOMPAS.com - Badan Eksplorasi Antariksa Jepang ( JAXA) mengumumkan rencana mereka untuk mengeksplorasi Bulan pada pertengahan 2035 mendatang.

Dilansir dari Japan Times, Selasa (29/9/2020) Jepang rencananya akan bekerja sama dengan Amerika Serikat, untuk membangun stasiun luar angkasa di orbit Bulan, yang diberi nama Gateway.

Pembangunan stasiun luar angkasa itu akan dimulai setelah 2020. Selain stasiun luar angkasa, kedua negara juga akan membangun pabrik bahan bakar di kutub selatan Bulan.

Nantinya, pabrik bahan bakar itu akan memanfaatkan hidrogen yang diambil dari cadangan air di bulan.

Baca juga: NASA Akan Kirim Astronot Perempuan Pertama ke Bulan pada 2024

 

Menghemat ongkos

Memanfaatkan sumber daya air di Bulan diharapkan bisa menghemat ongkos yang harus dikeluarkan, jika dibandingkan dengan mengirim bahan bakar dari Bumi.

Meskipun air dalam wujud cair tidak ditemukan di permukaan Bulan, namun penelitian terdahulu mengindikasikan bahwa ada cadangan air yang kemungkinan tersimpan di kawah dekat kutub selatan Bulan.

Bahan bakar air itu akan digunakan untuk menjalankan pesawat antariksa, yang mampu membawa empat astronot, dari dan ke Gateway.

Selain itu, bahan bakar air juga akan digunakan untuk mengisi kendaraan yang akan digunakan menjelajah Bulan.

Jepang berencana untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam membangun stasiun luar angkasa orbit bulan, yang disebut Gateway, pada tahun 2020-an dan sekitar tahun 2035 membangun pabrik bahan bakar di kutub selatan bulan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X