Penelitian Terbaru Melihat Perbedaan Gejala Covid-19 dan Flu pada Anak

Kompas.com - 29/09/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi pasien SHUTTERSTOCK/sumroeng chinnapanIlustrasi pasien

 

KOMPAS.com - Anak-anak dinilai menjadi salah satu kelompok usia yang rentan mengalami flu.

Sementara itu, gejala seseorang mengalami penyakit flu hampir mirip dengan gejala terinfeksi virus corona Covid-19. 

Peneliti hingga kini masih terus melakukan penelitian terkait perbedaan gejala flu dan Covid-19 pada anak. Salah satunya yang dilakukan para peneliti di Children's National Hospital.

Dilansir Business Insider, Selasa (8/9/2020), menurut penelitian yang diterbitkan di JAMA Network Open pada 8 September, anak-anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki sejumlah gejala yang sama dengan mereka yang terkena flu.

Baca juga: Amati 5 Hal Berikut Ini untuk Bedakan Gejala Covid-19 dan Flu Biasa

Para ahli meneliti 315 anak yang didiagnosis Covid-19 dan 1.402 anak yang didiagnosis flu. Data itu dikumpulkan pada rentang Maret-Mei.

Para peneliti membandingkan gejala, tingkat rawat inap, dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan/atau ventilator.

Mereka menemukan anak-anak memiliki hasil yang serupa, terlepas dari diagnosisnya.

Hasil itu mengejutkan, karena gejala dua kelompok anak itu secara umum sama, dengan hanya beberapa perbedaan kecil.

Mereka menemukan bahwa anak-anak sebenarnya lebih sering mengalami sesak napas akibat flu daripada Covid-19 dan mereka yang terjangkit Covid-19 lebih sering mengalami gejala pencernaan.

Gejala flu dan Covid-19

Menurut penelitian, gejala Covid-19 paling umum adalah gejala yang umumnya terkait dengan flu seperti demam, batuk, masalah pencernaan seperti muntah dan diare, nyeri tubuh, sakit kepala, serta nyeri dada.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X