Program Listrik Gratis untuk UMKM Pelanggan 450 VA Diperpanjang hingga Desember 2020

Kompas.com - 24/08/2020, 11:29 WIB
Ilustrasi PixabyIlustrasi

KOMPAS.com - Pemerintah memperpanjang pemberian subsidi listrik 100 persen bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga Desember 2020.

Semula, penggratisan listrik ini dicanangkan hanya sampai September 2020.

Namun, melihat kondisi pandemi Covid-19 yang terus berlangsung, perpanjangan pun diberikan.

Subsidi listrik ini diberikan kepada para pelanggan PLN pelaku bisnis atau industri kecil dengan pemasangan daya listrik 450 VA, baik golongan B1 450 VA maupun I1 450 VA.

Hal ini disampaikan PLN melalui akun Twitter @_pln_id, Sabtu (22/8/2020).

"Mendukung roda perekonomian UMKM di masa Pandemi, Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik hingga Desember 2020. Keringanan ini berlaku bagi pelanggan Bisnis kecil daya 450VA dan Industri kecil daya 450VA dengan diskon 100% #PowerBeyondGenerations," tulis twit tersebut.

Dalam unggahan selanjutnya, PLN menyatakan siap untuk mendukung program tersebut.

Semua pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan ataupun diskon sudah dimasukkan ke sistem sejak pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya.

Baca juga: Erick Thohir: Data PLN dan Telkom akan Digabungkan untuk Permudah Penyaluran Bansos

Data lama

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi menyebutkan, data lama otomatis akan digunakan dalam program ini.

"Untuk penerima subsidi listrik B1450 VA (dan I1 450 VA) perpanjangan akan tersistem secara otomatis hingga bulan Desember," kata Agung saat dihubungi, Senin (24/8/2020).

Penerima subsidi ini tidak akan dikenakan biaya tambahan apa pun karena program ini datang dari pemerintah.

Mengingat program yang merupakan perpanjangan, PLN mengaku optimistis pemberian stimulus tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan.

"PLN juga memastikan stimulus akan disalurkan dengan tepat waktu dan tepat sasaran, sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos," tulis salah satu twit PLN.

Baca juga: Mulai 1 Oktober, Kredit Kendaraan Listrik Bisa Tanpa Uang Muka


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X