BPOM AS Izinkan Penggunaan Plasma Darah untuk Pengobatan Covid-19

Kompas.com - 24/08/2020, 11:04 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) mengizinkan penggunaan plasma darah untuk pengobatan penyakit Covid-19.

Dilansir Reuters, Senin (24/8/2020), plasma darah tersebut diambil dari pasien yang telah pulih dari infeksi virus corona.

Pemberian izin dilakukan pada Minggu (23/8/2020), sehari setelah Presiden AS Donald Trump menyalahkan FDA karena dianggap menghambat peluncuran vaksin dan pengobatan terhadap virus corona atas alasan politik.

Sehari sebelum pengumuman dikeluarkan FDA, Trump menandai Komisaris FDA, Stephen Hahn, dalam twitnya.

"Keadaan yang dalam, atau siapa pun, di FDA membuat perusahaan obat sangat sulit untuk mendapatkan orang untuk menguji vaksin dan pengobatan," tulis Trump dalam akun Twitternya.

"Jelas, mereka berharap untuk menunda jawaban sampai setelah 3 November, Harus fokus pada kecepatan dan keselamatan nyawa," lanjutnya.

Baca juga: Daftar Hand Sanitizer Berbahaya Berbahan Metanol yang Ditarik FDA

Meskipun tampak terburu-buru mengeluarkan pengumuman ini, FDA mengungkapkan bukti awal menunjukkan plasma darah dapat menurunkan angka kematian pasien virus corona.

Selain itu, FDA melihat plasma darah dapat meningkatkan kondisi kesehatan pasien Covid-19 saat diberikan dalam tiga hari pertama perawatan di rumah sakit.

Namun, belum diketahui secara jelas mengenai dampak dari keputusan FDA ini.

"Tampaknya produk tersebut aman dan kami merasa nyaman dengan itu," ujar Direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA, Peter Marks.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X